Kompas.com - 31/05/2022, 13:40 WIB

KOMPAS.com - Selama ini, pengguna Google Drive harus menyalin (copy), menempel (paste) serta memotong (cut) file atau dokumen dengan cara manual. Hal tersebut cukup memakan waktu lama dan kurang efisien.

Kini, copy-paste hingga cut file atau dokumen di Google Drive akan semakin lebih mudah. Pasalnya, Google baru saja merilis fitur shortcut atau tombol pintasan untuk Google Drive versi web.

Mekanisme shortcut pada Google Drive sama seperti cara menyalin file di komputer, yaitu dengan menekan tombol Ctrl + C atau tombol Command + C pada komputer Mac untuk menyalin.

Baca juga: Cara Mudah Akses Google Drive dari Laptop dan HP

Untuk paste, pengguna bisa menggunakan pintasan keyboard Ctrl + V dan Ctrl + X untuk memotong dokumen. Shortcut akan berfungsi jika pengguna membuka web Google Drive lewat peramban (browser) Chrome.

"Sekarang Anda dapat menggunakan shortcut keyboard yang sudah dikenal Ctrl + C, Ctrl + X dan Ctrl + V untuk menyalin, memotong dan menempelkan file Google Drive melalui browser Chrome," tulis Google dalam blog perusahaan, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (31/5/2022).

"(Fitur) Ini akan menghemat waktu Anda karena memungkinkan untuk menyalin satu atau beberapa file dan memindahkannya ke folder lain di Drive dan di beberapa tab dengan cepat," kata Google.

Menurut Google, file yang disalin juga akan mencakup tautan ke file tersebut, meskipun foldernya sudah berpindah. Begitu pula dengan judul file yang akan ditampilkan, sehingga memudahkan pengguna ketika file tersebut disertakan dalam e-mail.

Baca juga: Cara Membagikan Link dan Folder Google Drive

Jadi, saat pengguna menyalin sebuah file ke bodi e-mail, judul file akan tertera beserta tautan file tersebut (hyperlink). Kemudian, file akan terlampir secara otomatis sebagai "attachment", sehingga penerima bisa langsung mengunduhnya.

Tangkapan layar tampilan file dari Google Drive yang di-copy-paste langsung ke bodi e-mail. File akan berubah menjadi hyperlink dan terlampir secara otomatis.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tangkapan layar tampilan file dari Google Drive yang di-copy-paste langsung ke bodi e-mail. File akan berubah menjadi hyperlink dan terlampir secara otomatis.

Selain cara di atas, pengguna juga bisa memakai shortcut Ctrl + C, Ctrl + Shift + V untuk menghindari duplikasi file. Adapula dukungan pintasan Ctrl + Enter untuk membuka file atau folder pada tab baru, sehingga Anda dapat melihat beragam file yang tersimpan di folder yang berbeda.

Sudah bisa dicoba di Indonesia

Shortcut keyboard Google Drive sudah tersedia untuk semua pengguna, termasuk di Indonesia. Dukungan shortcut keyboard Google Drive juga sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia.

Pantauan KompasTekno, ketika sebuah file disalin dengan pintasan Ctrl + C, Drive akan menyertakan keterangan "Item disalin ke papan klip". Kemudian ketika file tersebut di-paste ke folder lainnya dengan shortcut Ctrl + V, Drive menampilkan pop up "Membuat salinan (nama file)".

Ilustrasi Short cut keyboard di Google DriveKompas.com/Lely Maulida Ilustrasi Short cut keyboard di Google Drive

Ilustrasi Short cut keyboard di Google DriveKompas.com/Lely Maulida Ilustrasi Short cut keyboard di Google Drive

Judul file yang disalin itu juga menyertakan keterangan "Salinan" atau copy guna menujukkan asal dokumen tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.