Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Investor Kelas Kakap Beri Peringatan kepada Para Pendiri Startup

Kompas.com - 02/06/2022, 09:30 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Perusahaan modal ventura kelas kakap, Sequoia Capital, memberi peringatan kepada startup tentang krisis ekonomi yang harus dihadapi perusahaan rintisan. Sequoia menyebut kondisi ini sebagai Crucible Moment atau momen yang sulit.

Tak hanya mengungkapkan sulitnya kondisi yang akan dihadapi startup, Sequoia juga menyatakan bahwa belum ada indikasi kapan kondisi sulit ini akan berangsur pulih.

Warning tersebut dipaparkan dalam dokumen berjudul "Adapting to Endure" yang terdiri dari sekitar 50 halaman. Dalam dokumen itu, Sequoia juga memaparkan resesi yang lama dan berlarut-larut.

Perusahaan menyarankan para pendiri (founder) startup untuk berhemat dengan memangkas biaya yang dialokasikan pada kebutuhan yang belum mendesak.

Baca juga: Startup dan Stakeholders Bertemu di The NextDev Summit 2022

Misalnya dengan memangkas atau mengurangi proyek, biaya penelitian dan pengembangan (R&D), biaya pemasaran dan biaya lainnya.

"Itu tidak berarti Anda harus melepas pemicunya, namun Anda harus siap melakukannya dalam 30 hari ke depan, ketika diperlukan," tulis Sequoia dalam dokumen itu, dikutip KompasTekno, Kamis (2/6/2022).

Sequoia berharap bahwa perusahaan yang tercakup dalam naungannya, tidak hanya berasumsi bahwa putaran pendanaan selanjutnya mungkin lebih lama dari yang diharapkan.

Namun, Sequoia juga ingin memperingatkan bahwa uang tidak akan menyelesaikan semua masalah yang dihadapi oleh startup.

Perusahaan memaparkan contoh startup kecil seperti Zappos, mampu menyaingi raksasa marketplace Amazon. Hal ini menurut Sequoia dicapai bukan karena uang, melainkan karena kesiapan startup itu sendiri.

Baca juga: Profil Lummo dan Ula, 2 Startup Indonesia yang Dapat Modal dari Pemilik Amazon

"Jika yang memiliki banyak uang adalah yang menang, bagaimana Zappos bisa melawan Amazon dan memenangkan kategori sepatu?" tulis Sequoia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.