Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya WhatsApp Business dan WhatsApp Business Platform

Kompas.com - 03/06/2022, 07:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan layanan baru bernama WhatsApp Cloud API dalam acara bertajuk Conversations 2022 yang digelar pada 19 Mei lalu.

WhatsApp Cloud API merupakan tools berbasis cloud untuk pengembang, guna menjalankan aplikasi WhatsApp Business, namun, tetap di-hosting oleh Meta.

Jadi, pelaku bisnis atau pengembang bisa menggunakan WhatsApp Cloud API untuk menyediakan layanan WhatsApp Business dengan fitur yang dapat disesuaikan.

Layanan WhatsApp Cloud API menjadi bagian dari WhatsApp Business Platform (dulu WhatsApp Business API), yaitu platform berbayar untuk menunjang komunikasi antara bisnis skala menengah dan besar dengan pelanggan.

Baca juga: Chat WhatsApp Bakal Bisa Diedit Setelah Dikirim?

Bedanya dengan WhatsApp Business Platform, WhatsApp Cloud API dapat digunakan untuk semua skala bisnis, termasuk bisnis mikro dan tersedia secara gratis.

Adapun dari segi fungsinya, kedua layanan ini sama-sama menjadi solusi/alat yang menunjang komunikasi pelaku bisnis atau perusahaan dengan pelanggan melalui WhatsApp Business.

Lantas apa bedanya kedua layanan itu dengan WhatsApp Business?

Beda WhatsApp Business dan WhatsApp Business Platform

WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis yang menawarkan fitur yang sama dengan aplikasi WhatsApp biasa.

Namun, WhatsApp Business dilengkapi dengan fitur penunjang bisnis, misalnya fitur balas otomatis, informasi jam operasional bisnis/toko hingga fitur katalog produk.

WhatsApp Business ini biasanya juga digunakan sebagai saluran komunikasi antara penjual dan pembeli.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.