Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya WhatsApp Business dan WhatsApp Business Platform

Kompas.com - 03/06/2022, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan layanan baru bernama WhatsApp Cloud API dalam acara bertajuk Conversations 2022 yang digelar pada 19 Mei lalu.

WhatsApp Cloud API merupakan tools berbasis cloud untuk pengembang, guna menjalankan aplikasi WhatsApp Business, namun, tetap di-hosting oleh Meta.

Jadi, pelaku bisnis atau pengembang bisa menggunakan WhatsApp Cloud API untuk menyediakan layanan WhatsApp Business dengan fitur yang dapat disesuaikan.

Layanan WhatsApp Cloud API menjadi bagian dari WhatsApp Business Platform (dulu WhatsApp Business API), yaitu platform berbayar untuk menunjang komunikasi antara bisnis skala menengah dan besar dengan pelanggan.

Baca juga: Chat WhatsApp Bakal Bisa Diedit Setelah Dikirim?

Bedanya dengan WhatsApp Business Platform, WhatsApp Cloud API dapat digunakan untuk semua skala bisnis, termasuk bisnis mikro dan tersedia secara gratis.

Adapun dari segi fungsinya, kedua layanan ini sama-sama menjadi solusi/alat yang menunjang komunikasi pelaku bisnis atau perusahaan dengan pelanggan melalui WhatsApp Business.

Lantas apa bedanya kedua layanan itu dengan WhatsApp Business?

Beda WhatsApp Business dan WhatsApp Business Platform

WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis yang menawarkan fitur yang sama dengan aplikasi WhatsApp biasa.

Namun, WhatsApp Business dilengkapi dengan fitur penunjang bisnis, misalnya fitur balas otomatis, informasi jam operasional bisnis/toko hingga fitur katalog produk.

WhatsApp Business ini biasanya juga digunakan sebagai saluran komunikasi antara penjual dan pembeli.

WhatsApp Business hanya dapat dipasang di satu smartphone dan 4 perangkat lain seperti laptop. Untuk pelaku bisnis skala kecil, hal tersebut mungkin tidak menjadi masalah.

Namun berbeda dengan pelaku bisnis skala menengah dan besar. Jika bisnis sudah besar, tentunya jumlah pelanggan juga akan lebih banyak.

Terbatasnya jumlah perangkat yang bisa dipasang akun WhatsApp Business inilah yang akan membuat pelaku bisnis skala besar kesulitan berkomunikasi pelanggan dalam jumlah yang lebih banyak.

Sehingga, pelaku bisnis tidak dapat menangani banyak obrolan sekaligus untuk bisnis skala besar.

Baca juga: Ini Beda WhatsApp Business dan WhatsApp Cloud API

Nah, untuk menunjang komunikasi antara pelaku bisnis/perusahaan skala menengah hingga besar dengan pelanggan yang banyak, tentu diperlukan lebih banyak perangkat lagi. Di sinilah solusi WhatsApp Business Platform berperan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com