Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Reels Diperpanjang Jadi 90 Detik, Indonesia Sudah Kebagian

Kompas.com - 03/06/2022, 19:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Meta

KOMPAS.com - Meta (dulu Facebook Inc.) akhirnya memperpanjang durasi video yang bisa diunggah di Instagram Reels, fitur video pendek yang diluncurkan perusahaan tahun 2020 lalu.

Dalam sebuah postingan di laman resmi, Meta mengumumkan bahwa video yang bisa diunggah ke Instagram Reels saat ini maksimal berdurasi 90 detik atau satu setengah menit.

Ketika pertama diluncurkan pada 2020, Instagram Reels awalnya hanya mendukung video berdurasi 15 detik saja. Kemudian, selama hampir dua tahun terakhir ini, durasi itu ditambah menjadi 30 detik, 60 detik, dan sekarang 90 detik.

Baca juga: Instagram Reels Bisa Video 60 Detik, Makin Mirip TikTok

“Kami akan terus menciptakan cara-cara baru untuk memudahkan para kreator dan pelaku bisnis dalam memaksimalkan kekuatan Reels," kata Putri Silalahi, Kepala Komunikasi Instagram Asia Tenggara Instagram.

"Kami berharap fitur-fitur ini bisa membantu mereka mencapai tujuan dengan lebih cepat,” lanjut Putri dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (3/6/2022).

Dengan penambahan durasi ini, Instagram Reels mengejar ketertinggalan dengan pesaingnya, TikTok.

Dalam hal durasi video pendek, TikTok bisa dikatakan lebih unggul. Sebab, per Maret 2022, jejaring sosial besutan ByteDance ini, sudah bisa mengunggah video dengan durasi maksimal hingga 10 menit.

Akan tetapi, Instagram tidak hanya punya Reels. Bila ingin mengunggah video berdurasi lebih dari 90 menit, pengguna bisa mengunggahnya sebagai konten video biasa.

Baca juga: Tips Instagram Reels Agar Lebih Menarik dan Ditonton Banyak Orang

Instagram Reels 90 detik sudah bisa dijajal di Indonesia

Diperpanjang, video maksimal yang bisa diunggak ke Instagram Stories kini maksimal berdurasi 90 detik.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Diperpanjang, video maksimal yang bisa diunggak ke Instagram Stories kini maksimal berdurasi 90 detik.
Pantauan KompasTekno, Jumat (3/6/2022), Instagram Reels dengan durasi maksimal 90 detik sudah bisa dijajal oleh pengguna di Indonesia.

Fitur baru ini tersedia di aplikasi Instagram versi 237.0.0.14.102 di ponsel Android.

Pengguna Instagram bisa menemukan durasi 90 detik dengan cara mengetuk ikon "length" ketika ingin membuat Reels di aplikasi Instagram.

Fitur baru lainnya di Reels

Bersamaan dengan penambahan durasi Instagram Reels, Meta turut mengumumkan ada tiga fitur baru yang bakal hadir ke Instagram Reels dalam beberapa minggu mendatang.

Pertama, stiker poling, kuis, dan emoji slider di Instagram Reels. Sebelumnya, ketiga stiker itu hanya tersedia untuk Instagram Stories.

Kedua, fitur untuk mengimpor audio dari ponsel. Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan video Instagram Reels dengan rekaman audio yang ada di ponsel atau sudah direkam sebelumnya.

Baca juga: Facebook Reels, Kesan Pertama dan Tampilannya di HP Android

Sebelumnya, pengguna hanya bisa memilih musik dari perpustakaan Instagram atau menambahkan voice over secara langsung ketika membuat Reels.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Meta
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com