Clubhouse Mem-PHK Karyawan, Strategi Perusahaan Dirombak

Kompas.com - 06/06/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Media sosial berbasis suara, Clubhouse dilaporkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawannya baru-baru ini.

Menurut sumber yang dekat dengan masalah ini, PHK dilakukan sebagai sebagai langkah restrukturisasi perusahaan karena perusahaan merombak strategi bisnisnya.

Setelah hit pada awal 2021 lalu, Clubhouse memang melebarkan sayap bisnisnya dengan menghadirkan beberapa program seperti berita, internasional, dan olahraga.

Untuk program olahraga, pada April 2021, Clubhouse sempat berkolaborasi dengan National Football League (NFL), liga utama american football di Amerika Serikat.

Dalam kemitraan tersebut, Clubhouse menjadi wadah di mana NFL dapat menggelar diskusi antara penggemar dengan atlet, pelatih, dan lainnya.

Baca juga: Dikabarkan PHK 80 Karyawan, Ini Tanggapan Line Indonesia

Namun, pada 2022 ini, Clubhouse dilaporkan memilih untuk memangkas program olahraga, berita, dan internasional dari platform miliknya.

Tak dijelaskan alasan di balik perombakan strategi perusahaan ini. Pun tidak disebutkan jumlah karyawan yang di-PHK Clubhouse, akibat perombakan strategi bisnis mereka.

Tak hanya di-PHK, ada pula setidaknya empat orang karyawan yang juga memilih untuk meninggalkan Clubhouse atas keinginannya sendiri, berkenaan dengan pemangkasan tiga program tadi.

Sebagaimana dilaporkan outlet media Reuters, keempat orang tersebut adalah pemimpin program berita Nina Gregory, kepala komunitas Anu Atluru, kepala program internasional Aarthi Ramamurthy, dan kepala program olahraga Sean Brown.

Juru bicara Clubhouse mengonfirmasi kepergian beberapa orang penting di Clubhouse itu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.