Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Samsung Galaxy Z Flip3 Kuasai Pasar Ponsel Lipat Dunia

Kompas.com - 06/06/2022, 09:02 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Flip3 menjadi ponsel lipat (foldable phone) terlaris di dunia pada kuartal-I 2022 (periode Januari-Maret 2022).

Setidaknya begitu menurut lembaga riset yang biasa membahas pasar layar perangkat elektronik yaitu Display Supply Chain Consultants (DSCC).

Menurut mereka, ponsel lipat ramping tersebut memiliki pangsa pasar hingga 51 persen di kuartal-I 2022.

Angka tersebut lebih tinggi dari Galaxy Z Fold3 yang berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sekitar 21 persen, serta Huawei P50 Pocket dengan pangsa pasar sekitar 19 persen.

Baca juga: Ini Teknologi yang Bikin Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Lebih Awet

Lebih lanjut, laporan DSCC mengatakan bahwa pada kuartal-I 2022 ini merupakan ketiga kalinya Samsung Galaxy Z Flip3 dinobatkan sebagai ponsel lipat dengan pangsa terbesar di dunia.

Pada kuartal-III dan kuartal-IV 2021 lalu, suksesor Galaxy Z Flip tersebut masing-masing memiliki pangsa pasar 60 persen dan 59 persen.

Ilustrasi ponsel lipat terlaris di kuartal-I 2022 versi DSCC.DSCC Ilustrasi ponsel lipat terlaris di kuartal-I 2022 versi DSCC.
DSCC tidak menyebut berapa jumlah total unit Samsung Galaxy Z Flip3 yang tersebar di pasar.

Namun secara keseluruhan, pengiriman ponsel lipat di kuartal-I 2022 sendiri diklaim mencapai 2,22 juta unit, meningkat drastis hingga 517 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski demikian, angka pengiriman tersebut turun 47 persen dari angka 4,2 juta unit apabila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (kuartal-IV 2021). 

Baca juga: Pasar Smartphone Dunia Turun, Penjualan Samsung Naik

Dalam periode tiga bulan pertama di 2022 itu, Samsung tetap mendominasi pengiriman ponsel lipat secara global dengan pangsa pasar 74 persen, di atas Huawei dengan 20 persen.

Sementara itu merek ponsel lipat lainnya seperti Oppo, Royole, Vivo, dan Xiaomi diklaim tidak memiliki pangsa pasar yang lebih dari 2 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DSCC, Senin (6/6/2022).

Laporan DSCC mengenai pasar ponsel lipat di kuartal-I 2022 ini bisa dilihat secara lengkap melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber DSCC
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke