Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Flip3 Kuasai Pasar Ponsel Lipat Dunia

Kompas.com - 06/06/2022, 09:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber DSCC

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Flip3 menjadi ponsel lipat (foldable phone) terlaris di dunia pada kuartal-I 2022 (periode Januari-Maret 2022).

Setidaknya begitu menurut lembaga riset yang biasa membahas pasar layar perangkat elektronik yaitu Display Supply Chain Consultants (DSCC).

Menurut mereka, ponsel lipat ramping tersebut memiliki pangsa pasar hingga 51 persen di kuartal-I 2022.

Angka tersebut lebih tinggi dari Galaxy Z Fold3 yang berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sekitar 21 persen, serta Huawei P50 Pocket dengan pangsa pasar sekitar 19 persen.

Baca juga: Ini Teknologi yang Bikin Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Lebih Awet

Lebih lanjut, laporan DSCC mengatakan bahwa pada kuartal-I 2022 ini merupakan ketiga kalinya Samsung Galaxy Z Flip3 dinobatkan sebagai ponsel lipat dengan pangsa terbesar di dunia.

Pada kuartal-III dan kuartal-IV 2021 lalu, suksesor Galaxy Z Flip tersebut masing-masing memiliki pangsa pasar 60 persen dan 59 persen.

Ilustrasi ponsel lipat terlaris di kuartal-I 2022 versi DSCC.DSCC Ilustrasi ponsel lipat terlaris di kuartal-I 2022 versi DSCC.
DSCC tidak menyebut berapa jumlah total unit Samsung Galaxy Z Flip3 yang tersebar di pasar.

Namun secara keseluruhan, pengiriman ponsel lipat di kuartal-I 2022 sendiri diklaim mencapai 2,22 juta unit, meningkat drastis hingga 517 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski demikian, angka pengiriman tersebut turun 47 persen dari angka 4,2 juta unit apabila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (kuartal-IV 2021). 

Baca juga: Pasar Smartphone Dunia Turun, Penjualan Samsung Naik

Dalam periode tiga bulan pertama di 2022 itu, Samsung tetap mendominasi pengiriman ponsel lipat secara global dengan pangsa pasar 74 persen, di atas Huawei dengan 20 persen.

Sementara itu merek ponsel lipat lainnya seperti Oppo, Royole, Vivo, dan Xiaomi diklaim tidak memiliki pangsa pasar yang lebih dari 2 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DSCC, Senin (6/6/2022).

Laporan DSCC mengenai pasar ponsel lipat di kuartal-I 2022 ini bisa dilihat secara lengkap melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DSCC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com