Kompas.com - 06/06/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah lewat Badan Pengatur Hilir dan Gas Bumi (BPH Migas) bersama PT Pertamina dikabarkan tengah menyusun kebijakan terkait penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, yakni Solar dan Pertalite, supaya bisa tepat sasaran.

Rencananya, penyaluran tersebut bakal berjalan dengan memanfaatkan fitur dari aplikasi MyPertamina. Perlu diketahui, MyPertamina sebenarnya bukanlah tergolong sebagai sebuah aplikasi yang baru.

Baca juga: Cara Beli Tiket Konser The Script di Jakarta via Tiket.com serta Daftar Harganya

Dalam hal rencana penyaluran Solar dan Pertalite supaya tepat sasaran, MyPertamina bakal dipakai untuk mendata serta membatasi pembelian pelanggan atas jenis BBM tersebut.

"Nanti (pembelian) dengan sistem digitalisasi MyPertamina akan efektif, jadi tidak bisa mengisi berulang," ujar Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman, dikutip dari Kompas.com pada Senin (6/6/2022).

Sebagian dari Anda yang pernah memakai aplikasi tersebut mungkin telah memahami apa itu MyPertamina. Sementara bagi yang belum, mungkin bakal bertanya MyPertamina buat apa.

Oleh sebab itu, sebelum beranjak pada pembahasan rencana pemerintah tersebut, penting untuk mengetahui dulu mengenai aplikasi MyPertamina, sebagaimana yang tertera di bawah ini.

Apa itu MyPertamina?

MyPertamina adalah aplikasi layanan keuangan digital yang dikembangkan oleh perusahaan Pertamina. Dengan bentuk tersebut, fungsi aplikasi MyPertamina sebenarnya hampir sama dengan platform seperti, Ovo, Dana, dan sebagainya.

Lewat MyPertamina, pengguna bisa membeli beberapa produk buatan Pertamina, termasuk BBM, secara cashless atau nontunai. Layanan transaksi nontunai dari MyPertamina itu beroperasi dengan dukungan dari platform LinkAja.

Jadi, bila ingin membeli BBM lewat MyPertamina, pengguna diwajibkan untuk memiliki akun MyPertamina dulu dan menautkannya dengan akun LinkAja. Kemudian, saldo yang berada di akun LinkAja bakal dipakai untuk membayar pembelian BBM tersebut.

Untuk memiliki akun MyPertamina, pengguna bisa mengunduh aplikasinya terlebih dahulu lewat Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Baca juga: Download Jadwal dan Rute Baru KRL Jabodetabek Serta Cara Ceknya Secara Online

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.