BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Bak Sihir, Begini Hasil Foto Bidikan Pemeran Newton Scamander Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Kompas.com - 06/06/2022, 15:45 WIB

KOMPAS.com – Di tengah kesibukan press tour dan promo film terbarunya, Fantastic Beast: The Secrets of Dumbledore, aktor asal Inggris, Eddie Redmayne, tetap mampu menghasilkan karya seni yang memukau.

Hal tersebut terlihat dari foto yang ia ambil di beberapa sudut Kota New York, Amerika Serikat (AS).

Meski hanya bermodal smartphone Oppo Find X5 Pro 5G, hasil jepretan aktor pemenang Academy Award 2015 untuk kategori Best Actor itu terbilang jempolan.

Pasalnya, Eddie mampu menghasilkan foto dengan komposisi warna dan sudut pandang yang sangat memanjakan mata.

Tak hanya itu, foto yang ia hasilkan pun mirip seperti beragam karakter yang telah ia mainkan selama ini, yakni sama-sama memiliki keunikan tersendiri.

Lantas, apa saja yang telah ia abadikan dengan kamera smartphone-nya? Berikut ulasannya.

1. Stasiun kereta bawah tanah

Dari sekian banyak stasiun kereta bawah tanah yang ada di Kota New York, Eddie justru memilih sebuah stasiun usang yang tak terawat sebagai obyeknya.

Salah satu stasiun di New York yang diabadikan oleh Eddie. Dok. Oppo Salah satu stasiun di New York yang diabadikan oleh Eddie.

Akan tetapi, bukan seni jika sang seniman tak mampu mengubah suatu obyek menjadi sebuah karya yang estetis.

Meski memotret dalam kondisi minim cahaya, foto jepretan Eddie tetap mampu menghasilkan komposisi warna yang seimbang.

Pasalnya, Oppo Find X5 Pro 5G yang ia gunakan telah dilengkapi dengan Night Mode yang didukung dengan teknologi artificial intelligence (AI). Fitur ini berfungsi untuk membuat kecerahan warna pada foto menjadi lebih merata dan natural.

Tak hanya itu, Night Mode juga membuat kamera smartphone mampu mengambil gambar dengan detail dan dynamic range yang bagus pada kondisi minim cahaya.

Hasil apik jepretan Eddie juga tak terlepas dari tiga konfigurasi kamera belakang yang disematkan pada Oppo Find X5 Pro 5G. Kamera tersebut adalah kamera utama dengan resolusi 50 megapiksel (MP), kamera ultra-wide 50 MP, serta kamera telefoto 13 MP dengan 2x optical zoom dan 5x hybrid zoom.

Selain itu, ada juga fitur 5-Axis optical image stabilization (OIS). Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (19/8/2021), teknologi 5-Axis OIS menawarkan stabilisasi hingga tiga derajat atau tiga kali lebih besar dibandingkan teknologi OIS konvensional.

Kinerja teknologi tersebut diklaim 65 persen lebih baik dalam meredam goyangan pada kondisi minim cahaya.

Berkat fitur tersebut, Oppo Find X5 Pro 5G mampu menghasilkan video yang jauh lebih stabil, akurat, dan berkualitas tinggi.

Terkait gambar yang ia ambil, Eddie pun mengungkap alasannya memilih stasiun sebagai obyek fotonya. Menurutnya, banyak kereta bawah tanah di New York memiliki keindahan tak biasa.

“Saya menemukan tempat ini saat melakukan press tour untuk mempromosikan film baru. Kereta bawah tanah merupakan moda transportasi terbaik saat berkeliling di kota metropolitan yang menakjubkan ini,” ujar Eddie.

2. Mural Debbie Harry

New York adalah salah satu kota di dunia yang dihiasi dengan berbagai jenis seni jalanan, termasuk mural.

Dilansir dari laman marcofeng.com, Senin (11/4/2022), seni jalanan sudah menjadi bagian dari budaya kota tersebut sejak 1970-an.

Mural Debbie Harry yang menarik perhatian Eddie. Dok. Oppo Mural Debbie Harry yang menarik perhatian Eddie.

Tak heran, seseorang dapat dengan mudah melihat berbagai seni jalanan di New York lantaran tersebar di berbagai sudut kota.

Dari sekian banyak seni jalanan yang ada di New York, Eddie terbetot oleh gambar mural dengan subyek aktris asal AS, Debbie Harry.

Saat pertama melihatnya, Eddie pun langsung mengabadikan mural tersebut dengan smartphone-nya.

“New York itu seperti ruangan pameran yang besar. Saya menemukan street art yang menampilkan Debbie Harry saat saya berjalan-jalan di bagian timur kota," kata Eddie.

Gambar yang dihasilkan Eddie pun cukup ciamik. Selain penuh warna, foto tersebut juga terlihat menawan lantaran pengambilan sudutnya yang tepat. Komposisi warna tersebut bisa tercipta berkat fitur Hasselblad Natural Color Calibration yang mengandalkan sensor warna 13-channel.

Berkat fitur ini, kualitas warna foto yang dihasilkan Oppo Find X5 Pro 5G menjadi lebih natural dan akurat.

Selain Hasselblad Natural Color Calibration, masih ada fitur unggulan lain yang disematkan pada kamera Oppo Find X5 Pro 5G. Salah satunya, 120 hertz (Hz) Billion Colour Bionic Display.

3. Papan iklan

Eddie mengatakan, salah satu hal yang paling ia senangi dari New York adalah rambu jalan dan papan iklan yang terbuat dari berbagai material, mulai dari papan kayu hingga lampu neon.

Oleh karena itu, saat ia melihat papan iklan dengan lampu neon di sebuah warung kopi, ia langsung mengabadikannya. Foto yang ia hasilkan pun terlihat begitu klasik lantaran hanya berlatar hitam putih.

Eddie memotret papan iklan di sebuah warung kopi. Dok. Oppo Eddie memotret papan iklan di sebuah warung kopi.

“(Papan iklan) ini saya potret dalam sebuah pantulan kaca. Saat masih kecil, saya pernah membuat karya seni yang berbentuk rambu satu arah. Entah kenapa, saya sangat menyukai papan rambu walk/don't walk tempo dulu,” jelas Eddie.

Selain berkesan klasik, gambar yang dihasilkan oleh juga terlihat rapi dan halus. Ini dikarenakan kamera Oppo Find X5 Pro 5G yang dimiliki Eddie dilengkapi dengan chipset khusus, yakni MariSilicon X.

Keberadaan prosesor tersebut diklaim mampu mengurangi noise pada gambar yang diambil.

Adapun MariSilicon X adalah chipset pengembangan hasil kerja sama OPPO dengan arsitektur 6 nanometer (nm) dari TSMC. Chipset ini adalah prosesor neural processing unit (NPU) yang dikombinasikan dengan image signal processor (ISP).

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (15/12/2021), chipset tersebut berfungsi untuk menangani aneka pengolahan terkait AI, khususnya dalam kemampuan kamera.

Sebagai contoh, pengguna dapat memotret dan merekam video dengan fitur 4K Ultra Night Video. Melalui fitur ini, warna pada video menjadi lebih baik serta noise dapat dikurangi ketimbang memakai pengaturan video malam biasa.

Adapun untuk perekaman gambar, Oppo Find X5 Pro 5G menyediakan resolusi, mulai dari 720p, 1080p, hingga 4K. Semua perekaman video tersebut telah dilengkapi dengan dua opsi tingkat bingkai, yakni 30 frame per second (fps) dan 60 fps.

Perekaman video pada Oppo Find X5 Pro 5G juga telah dibekali fitur AI Highlight Video dan Ultra Steady Pro.

Tak hanya itu, kehadiran teknologi NPU di MariSilicon X juga diklaim mampu melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS).

Pemrosesan tersebut juga disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt. Singkatnya, MariSilicon X dapat menghasilkan kinerja cepat tanpa menguras daya baterai.

4. Menara air

Obyek selanjutnya yang Eddie abadikan dengan kamera smartphone-nya adalah pemandangan Kota New York dengan menara air dan beberapa atap bangunan.

Pemandangan tersebut ia ambil dengan melakukan swafoto dari balik jendela hotel tempatnya menginap. Adapun foto yang diambil Eddie tampak begitu natural.

Pemandangan dari dari jendela hotel. Dok. Oppo Pemandangan dari dari jendela hotel.

“Pemandangan kota dari jendela. Saya suka menara air. Seperti bagian dari film West Side Story,” tutur Eddie.

Keindahan gambar yang Eddie ambil tersebut pun juga tak lepas dari peran kamera depan Oppo Find X5 Pro 5G yang memiliki resolusi 32 MP dan dilengkapi dengan sensor Sony IMX766.

Keberadaan teknologi tersebut membuat Oppo Find X5 Pro 5G mampu mengambil gambar dalam kondisi yang minim cahaya.

Itulah empat foto yang Eddie hasilkan di sela kesibukannya di Kota New York. Dengan kecakapannya mengambil gambar dan bantuan Oppo Find X5 Pro 5G, wajar jika karya Eddie dinilai memukau.

Didukung chipset flagship

Selain didukung dengan kamera ciamik, dapur pacu Oppo Find X5 Pro 5G juga memiliki performa jempolan karena telah dilengkapi dengan chipset atau system on chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset yang dibuat dengan fabrikasi 4 nm dan dilengkapi dengan beragam fitur premium, mulai dari koneksi 5G, AI, game, Wi-Fi, hingga Bluetooth.

Oppo Find X5 Pro 5G.Oppo Oppo Find X5 Pro 5G.

Selain itu, chipset tersebut merupakan produk pertama yang dilengkapi dengan arsitektur Armv9 dan terdiri dari tiga klaster prosesor.

Pada klaster pertama, Snapdragon 8 Gen 1 dilengkapi dengan Cortex-X2 berkecepatan clock 3,0 gigahertz (GHz).

Untuk klaster kedua, terdapat tiga core Cortex-A710 dengan kecepatan 2,5 GHz. Sementara pada klaster ketiga, Qualcomm menyematkan empat core Cortex A510 berkecepatan 1,8 GHz.

Pada sisi grafis, Snapdragon 8 Gen 1 hadir dengan GPU Adreno 730. Berkat komponen ini, Oppo Find X5 Pro 5G punya performa 30 persen lebih tinggi dan mampu menghemat daya hingga 25 persen ketimbang generasi sebelumnya.

Adapun berdasarkan pengujian AnTuTu, chipset penerus Snapdragon 888 tersebut memiliki skor sebesar 1.035.020.

Kinerja dari chipset tersebut juga didukung dengan random access memory (RAM) sebesar 12 gigabita (GB) dan penyimpanan internal 256 GB.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G, silakan kunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.