Kompas.com - 06/06/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Samsung telah memasarkan smartphone Galaxy A73 5G di Indonesia sejak April lalu. Ponsel penerus Galaxy A72 ini mengunggulkan sektor kamera belakang dengan resolusi 108 MP.

Ini adalah pertama kalinya kamera 108 MP hadir di ponsel Samsung kelas menengah lewat lini Galaxy A. Biasanya, Samsung menyematkan kamera dengan resolusi sebesar itu hanya di seri flagship, atau seri S.

Di samping kamera 108 MP, Samsung Galaxy A73 5G juga membawa segudang fitur canggih lainnya, seperti dukungan 5G hingga fitur ketahanan air (water resistant) dan debu (dust resistant) bersertifikasi IP67.

Ini membuat ponsel ini layak dijuluki sebagai ponsel kelas menengah tercanggih dari Samsung untuk saat ini.

Baca juga: Uji Benchmark Samsung Galaxy A73 5G, Seberapa Kencang Kinerjanya?

Lantas, bagaimana ulasannya setelah menggunakan ponsel Samsung Galaxy A73 5G seharga Rp 7,8 juta selama satu bulan? Ikuti pembahasannya berikut ini.

Untuk diketahui, KompasTekno sendiri berkesempatan menjajal Samsung Galaxy A73 5G (8/256 GB) varian warna Awesome Mint versi ritel Indonesia.

Isi kemasan Samsung Galaxy A73 5G

Sebelum masuk ke ulasan soal kinerja dan fitur-fiturnya, kita lihat dulu isi kemasan dari ponsel Galaxy A73 5G.

Dari segi kemasan, Samsung Galaxy A73 5G masih datang dengan desain kotak penjualan yang sama seperti pendahulunya, Galaxy A72.

Misalnya, kemasan masih didominasi oleh warna putih. Di bagian depan kardus, terdapat foto produk yang memperlihatkan desain layar dan punggung Samsung A73 5G. Ketika dibuka, isi kotak penjualan Samsung Galaxy A73 5G sangat minimalis.

Isinya hanya terdiri atas satu unit ponsel, kabel USB C to USB C, SIM card ejector tool, panduan pengguna, serta kartu garansi.

Isi kotak penjualan Galaxy A73 5G di Indonesia hanya terdiri dari satu unit ponsel, kabel USB C to C, SIM card ejector tool, panduan penggunaan, dan kartu garansi. Samsung tak lagi menyertakan adapter charger dalam paket penjualan ponsel ini.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Isi kotak penjualan Galaxy A73 5G di Indonesia hanya terdiri dari satu unit ponsel, kabel USB C to C, SIM card ejector tool, panduan penggunaan, dan kartu garansi. Samsung tak lagi menyertakan adapter charger dalam paket penjualan ponsel ini.
Tak ada adapter charger bawaan

Samsung tidak menyertakan aksesori adapter (kepala) charger di dalam kotak penjualan Galaxy A73 5G.

Selain di Galaxy A73 5G, Samsung juga sudah menghilangkan adapter charger dari paket pembelian ponsel seri A lainnya, yaitu Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G.

Ini membuat ketiga ponsel itu menjadi anggota lini A-series pertama yang tidak dibekali kepala charger dalam paket pembelian.

Sebagai perbandingan, tahun lalu, Samsung Galaxy A72 masih dibekali adapter Super Fast Charger dengan keluaran daya 25 watt.

Baca juga: Tabel Spesifikasi Serta Harga Samsung Galaxy A13 RAM 4 dan 6 GB

Nah, karena tak lagi dibekali adapter bawaan, pengguna bisa menggunakan charger Samsung Galaxy A72 lamanya agar tetap bisa menikmati fitur pengisi cepat di Samsung Galaxy A73 5G.

Alternatif lainnya, pengguna bisa membeli adapter Super Fast Charger 25 watt seharga Rp 299.000 secara terpisah.

Bodi tipis, Layar 120 Hz

Samsung A73 5G dibekali layar Super AMOLED Plus berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits, dan sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Layar ini juga sudah mendukung fingerprint di bawah layar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung A73 5G dibekali layar Super AMOLED Plus berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits, dan sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Layar ini juga sudah mendukung fingerprint di bawah layar.
Saat pertama kali digenggam, ponsel ini terasa tipis, ringan, dan pas digenggam dengan satu tangan. Di atas kertas, Galaxy A73 5G memang memiliki ketebalan 7,6 mm dengan bobot 181 gram.

Dari segi tampang, Samsung Galaxy A73 terlihat masih mewarisi pendahulunya. Pada bagian layar, misalnya, ponsel ini masih dibekali layar berdesain infinity-O dengan sebuah lubang (punch hole) sebagai rumah bagi kamera depan 32 MP (f/2.2).

Layar tersebut menggunakan panel berjenis Super AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel) serta tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits.

Teknologi layar tersebut mampu memanjakan mata pengguna dengan kualitas gambar atau konten yang tajam dan jernih.

Layar Samsung Galaxy A73 5G memiliki refresh rate 120 Hz sehingga ketika menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film.

Panel Super AMOLED Plus di Galaxy A73 5G sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar alias in-display fingerprint scanner. Dengan fitur ini, pengguna bisa lebih mudah saat membuka kunci layar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Panel Super AMOLED Plus di Galaxy A73 5G sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar alias in-display fingerprint scanner. Dengan fitur ini, pengguna bisa lebih mudah saat membuka kunci layar.
Di samping itu, karena sudah menggunakan panel Super AMOLED, layar Samsung Galaxy A73 sudah mendukung fitur biometrik kekinian, yaitu pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner).

Fitur ini akan semakin memudahkan pengguna ketika membuka kunci layar.

Baca juga: Samsung Pamer Hasil Kamera 200 MP Pakai Gambar Kucing Raksasa

Layar ponsel penerus Galaxy A72 ini juga sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 sehingga lebih tahan terhadap goresan.

Beralih ke bagian belakang, punggung Galaxy A73 5G tebuat dari bahan plastik dengan finishing matte. Sehingga, punggung ponsel ini tidak memberikan efek cermin. 

Ketika diusap, punggung ponsel ini masih terasa cukup licin. Sehingga untuk keamanan, tak ada salahnya membeli soft case atau hard case dengan uang sendiri.

Bagian belakang Samsung A73 5G ini juga masih mirip seperti Galaxy A72, dengan modul kamera berbentuk persegi panjang.

Modul kamera itu menampung empat kamera belakang yang disusun secara vertikal, lengkap dengan sebuah lampu LED flash.

Kamera utama 108 MP dengan sejumlah fitur unggulan

Kali ini, Samsung Galaxy A73 5G dibekali dengan empat kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8, OIS, VDIS), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4). Ini merupakan pertama kalinya Samsung membenamkan sensor 108 MP pada kamera belakang smartphone kelas menengah dari keluarga Galaxy A series.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kali ini, Samsung Galaxy A73 5G dibekali dengan empat kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8, OIS, VDIS), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4). Ini merupakan pertama kalinya Samsung membenamkan sensor 108 MP pada kamera belakang smartphone kelas menengah dari keluarga Galaxy A series.
Dari sisi tampang, Samsung Galaxy A73 5G memang tak banyak berubah. Namun lain cerita soal spesifikasi, terutama spesifikasi kamera utamanya.

Kini, spesifikasi kamera utama Samsung A73 5G naik kelas karena sudah dibekali lensa beresolusi 108 MP (f/1.8). Sebelumnya, Galaxy A72 hanya dibekali kamera utama 64 MP.

Yang membuat kamera ini istimewa adalah karena ini pertama kalinya Samsung menyematkan kamera utama 108 MP pada seri Galaxy A.

Sebelumnya kamera resolusi tinggi itu ekslusif tersedia pada ponsel flagship Samsung, seperti Galaxy S22 Ultra 5G, misalnya.

Tak hanya resolusinya yang tinggi, kamera utama 108 pada Galaxy A73 5G juga membawa sejumlah fitur unggulan, seperti Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.