Kompas.com - 07/06/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Selain merilis Selain MacBook Air 2022, Apple juga meluncurkan laptop baru dari lini seri MacBook Pro, dalam konferensi pengembang tahunan perusahaan (Worldwide Developers Conference/WWDC) 2022.

MacBook Pro baru ini juga menjadi yang pertama menggunakan chipset M2, suksesor dari M1 buatan Apple Silicon. Ini menjadi perangkat suksesor MacBook Pro 13 inci yang sebelumnya menggunakan chip Apple M1.

Chip M2 sendiri diklaim menawarkan kecepatan 40 persen lebih cepat dibanding M1. Secara teknis, chip ini dibangun dengan arsitektur 5 nm gen 2 dan memiliki CPU 8 core serta GPU dengan core yang lebih banyak dibanding M1, yaitu hingga 10 core.

Baca juga: Apple Umumkan iOS 16, Lock Screen Bisa Dimodifikasi dan Nggak Gitu-gitu Aja

Chip Apple M2 dapat dipasangkan dengan RAM LPDDR5 hingga 24 GB dan penyimpanan SSD hingga 2 TB. Apple juga mengeklaim chip M2 dilengkapi dengan mesin pengolah media dan ProRes baru untuk menunjang tugas berat seperti editing video.

"M2 juga hadir untuk perangkat Mac lainnya, yaitu Mac Pro 13 inci. Dengan M2, Anda akan mendapatkan performa yang lebih baik dari perangkat dengan desain yang sama," kata SVP Hardware Engineering Apple, John Ternus, dikutip KompasTekno dari Youtube Apple, Selasa (7/6/2022).

Spesifikasi MacBook Pro M2Apple Spesifikasi MacBook Pro M2

Berkat chip tersebut, laptop ini menawarkan daya tahan hingga 20 jam. Pengisian ulang baterainya dapat dilakukan melalui port Thunderbolt. Namun laptop ini tidak didukung charger MagSafe sebagaimana MacBook Air 2022.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Air dengan Chip M2, Ini Harganya

Beralih ke desainnya, MacBook Pro M2 memiliki layar 13 inci dengan panel layar Retina. Perangkat ini dibalut dengan desain yang sama seperti MacBook Pro 13 inci 2020, yaitu tanpa poni layar.

Laptop ini juga dilengkapi sistem pendingin aktif guna membantu menjaga suhu perangkat tetap stabil ketika menjalankan tugas berat seperti editing video. Dengan begitu, performa perangkat juga dapat dijaga agar tetap stabil.

Fitur lainnya yang turut melengkapi MacBook Pro 13 inci 2022 ini yaitu dukungan WiFi 6, kecerahan layar hingga 500 nits, serta magic keyboard dan touch bar.

Harga MacBook Pro M2 13 inci

MacBook Pro M2 berjalan dengan sistem operasi macOS Monterey. Adapun harganya dibanderol 1.299 dollar AS atau setara Rp 18,8 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.