Kompas.com - 07/06/2022, 13:15 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dalam Ajang Wordwide Developers Conference (WWDC) 2022 yang digelar pada Senin (6/7/2022) pagi waktu Amerika Serikat atau Selasa (7/6/2022) dini hari waktu Indonesia, Apple mengumumkan serangkaian produk barunya.

Salah satu yang diumumkan Apple adalah chip M2 yang mentenagai MacBook Air dan MacBook Pro generasi terbaru.

Apple M2 merupakan suksesor dari chip M1 yang diperkenalkan pada 2020 lalu. Sama seperti pendahulunya, M2 juga dirancang secara mandiri oleh Apple. Dibandingkan chip M1, Apple M2 kini dibekali dengan sejumlah kelebihan.

Apple mengatakan, chip M2 ini dibuat dengan fabrikasi 5 nanometer (nm) generasi kedua yang telah disempurnakan.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Air dengan Chip M2, Ini Harganya

Meski sama-sama dibuat dengan fabrikasi 5 nanometer (nm) jumlah transistor di Apple M2 mencapai 20 miliar unit. Jumlah tersebut 25 persen lebih banyak dari transistor di Apple M1 dengan jumlah 16 miliar transistor.

Dengan jumlah transistor lebih banyak, Apple mengeklaim chip Apple M2 memiliki peningkatan performa prosesor (CPU) 18 persen, pengolah grafis (GPU) 35 persen, dan Neural Engine 40 persen dibandingkan cip M1.

Meski performanya lebih tinggi, chip terbaru Apple ini diklaim tetap memiliki konsumsi daya per watt yang lebih rendah dibanding M1. 

Spesifikasi chip M2 buatan Apple.Apple Spesifikasi chip M2 buatan Apple.
Untuk menggenjot performa CPU namun dengan daya yang minim, Apple mengandalkan delapan inti prosesor (8-core) yang terdiri dari empat inti prosesor hemat daya (efficiency cores) dan empat inti prosesor performa tinggi (performance cores).

Kedua tipe inti prosesor tersebut lantas digabungkan dengan ruang penyimpanan sementara alias cache yang lebih besar (16 MB untuk performance cores dan 4 MB efficiency cores), serta RAM LPDDR5 hingga 24 GB yang memiliki bandwidth hingga 100 GB/s.

Di sektor pengolah grafis, jumlah inti GPU di chip M2 sendiri kini bertambah menjadi 10-core, alih-alih mentok 8-core seperti di chip M1.

Baca juga: Apple Umumkan iOS 16, Lock Screen Bisa Dimodifikasi dan Nggak Gitu-gitu Aja

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.