Kompas.com - 07/06/2022, 15:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dalam "hajatan" tahunan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2022 yang digelar secara virtual Selasa (7/6/2022) dini hari waktu Indonesia, Apple mengumumkan fitur baru di layanan pembayaran Apple Pay.

Apple Pay kini memiliki layanan "beli sekarang, bayar nanti" bernama Apple Pay Later.

Apple Pay Later memungkinkan pengguna membeli berbagai barang di sejumlah toko atau merchant, yang tentunya telah mendukung pembayaran Apple Pay, menggunakan metode pembayaran cicilan.

Adapun cicilan yang ditawarkan maksimal empat kali cicilan yang bisa dibayar dengan tenggat waktu hingga enam minggu, dengan pembayaran pertama harus dibayar di muka sebagai down payment (DP).

Baca juga: Apple Umumkan iOS 16, Lock Screen Bisa Dimodifikasi dan Nggak Gitu-gitu Aja

Apple mengeklaim pengguna bisa memanfaatkan fitur cicilan ini tanpa dikenakan bunga, biaya administrasi, atau biaya tambahan lainnya.

Apabila pengguna memakai fitur Apple Pay Later, maka mereka juga bisa melihat tanggal pembayaran cicilan selanjutnya, begitu juga jadwal pembayaran cicilan untuk produk lainnya, langsung di aplikasi Apple Pay.

Tersedia di Amerika Serikat

Fitur Apple Pay Later sendiri untuk saat ini hanya akan tersedia di Amerika Serikat (AS) saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Entepreneur.com, Selasa (7/6/2022).

Belum diketahui kapan fitur yang mengandalkan aplikasi Apple Pay dan jaringan Mastercard ini bakal menyambangi negara lainnya.

Apple sendiri belum membawa layanan pembayaran Apple Pay ke Indonesia.

Baca juga: Berapa Denda Telat Bayar Shopee PayLater?

Namun apabila suatu saat masuk ke Indonesia, maka fitur Appe Pay Later tampaknya bakal cocok dengan konsumen Tanah Air. Pasalnya, fitur serupa paylater belakangan semakin diminati pengguna Indonesia.

Bahkan berdasarkan survei  pada Maret 2022, pembayaran dengan metode paylater di marketplace terus meningkat dari 28 persen pada 2021 menjadi 38 persen di 2022.

Hal ini tentunya tak lepas dari berbagai aplikasi besar macam Gojek, Traveloka, Shopee, Kredivo, Ovo, Blibli, dan lain sebagainya yang sudah menyediakan fitur paylater untuk mempermudah konsumen dalam memilih metode pembayaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.