Fitur di iPadOS 16 Ini Bikin iPad Makin Mirip Laptop

Kompas.com - 07/06/2022, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Apple baru saja mengumumkan sistem operasi terbaru untuk lini tablet bikinannya, yaitu iPadOS 16.

iPadOS 16 diperkenalkan bersamaan dengan iOS 16 dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022 yang digelar secara virtual pada Senin (6/6/2022) waktu Amerika Serikat atau Selasa (7/6/2022) dini hari waktu Indonesia.

Sistem operasi yang merupakan pembaruan dari iPadOS 15 itu membawa peningkatan, khususnya pada aspek multitasking. Pasalnya, Apple kini menghadirkan fitur multitasking baru bernanama "Stage Manager" ke iPadOS 16.

Kehadiran fitur Stage Manager ini diyakini bakal membuat pengalaman multitasking di iPad semakin mirip dengan laptop MacBook. Mengapa demikian?

Baca juga: Apple Umumkan iOS 16, Lock Screen Bisa Dimodifikasi dan Nggak Gitu-gitu Aja

Stage Manager bikin iPad semakin mirip laptop

Pertama, fitur Stage Manager memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi dalam format jendela yang dapat diatur ukurannya (resize-able window), seperti di laptop.

Kedua, pengguna juga bisa membuka beberapa jendela tersebut secara bersamaan.

Tak disebutkan berapa maksimal jendela yang bisa dibuka dalam satu waktu, namun nantinya, semua jendela aplikasi tersebut bakal disusun saling tumpang tindih, seperti foto di bawah.

Nantinya, jendela aplikasi yang sedang digunakan pengguna bakal diletakkan di sisi tengah dan paling depan. Sedangkan, jendela aplikasi lain yang terbuka disusun tumpang tindih di belakangnya.

Penyusuanan jendela aplikasi yang tumpang tindih ini sesuai urutan penggunaannya.

Tampilan fitur Stage Manager di iPadOS 16. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka jendela aplikasi yang bisa diatur besar-kecilnya. Apple Tampilan fitur Stage Manager di iPadOS 16. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka jendela aplikasi yang bisa diatur besar-kecilnya.
Dalam mode Stage Manager, pengguna juga bisa membuka jendela aplikasi baru lewat taskbar hingga membuat kelompok jendela aplikasi.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.