Kompas.com - 07/06/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone iOS 16, baru saja diumumkan oleh Apple dalam ajang Worldwide Developers Conference atau WWDC 2022, yang diselenggarakan pada Selasa (7/6/2022) dini hari waktu Indonesia.

Mengusung tema “Personal is powerful”, iOS 16 membawa sejumlah fitur terbaru yang secara garis besar bakal memudahkan pengguna untuk melakukan personalisasi atas perangkatnya.

Baca juga: 7 Fitur Baru di MacOS Ventura, Bisa Bikin iPhone Jadi Webcam hingga Salin Teks pada Video

Adapun salah satu fitur iOS 16 yang mungkin cukup mewakili tema tersebut adalah tampilan Lock Screen yang bisa dimodifikasi. Selain itu, terdapat pula fitur personalisasi pada iMessage berupa kemampuan untuk mengedit pesan yang telah terkirim.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan daftar fitur terbaru iOS 16, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Fitur iOS 16

1. Memodifikasi Lock Screen

Ilustrasi fitur memodifikasi Lock Screen pada iOS 16Apple Ilustrasi fitur memodifikasi Lock Screen pada iOS 16

Pada iOS 16, Apple menyematkan fitur yang memungkinkan pengguna memodifikasi tampilan Lock Screen. Fitur ini hampir mirip dengan yang terdapat pada ponsel berbasis Android pada umumnya.

Dengan fitur tersebut, pengguna tak hanya bisa mengganti wallpaper, tapi juga mengubah desain tampilan jam dan tanggal, termasuk memilih font dan warnanya. Selain itu, pada Lock Screen iOS 16, pengguna juga dapat menambahkan beberapa widget.

2. Berbagi galeri foto via iCloud

Di iOS 16, pengguna bisa membuat galeri foto khusus secara terpisah untuk dibagikan ke pengguna lain via iCloud. Galeri tersebut bisa dikelola hingga maksimal lima orang anggota.
Tiap anggota bisa mengedit, menghapus, dan menambahkan foto di galeri itu.

3. Apple Pay Later

Ilustrasi fitur Apple Pay Later pada iOS 16Apple.com Ilustrasi fitur Apple Pay Later pada iOS 16

Apple menambahkan metode pembayaran Pay Later atau “beli sekarang, bayar nanti” di Apple Pay pada iOS 16. Saat pengguna berbelanja menggunakan Apple Pay, bakal disediakan pilihan mekanisme pembayaran dengan cicilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber apple.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.