Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sega Bakal Luncurkan Konsol Mega Drive Mini 2, Harga Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 07/06/2022, 19:30 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun '90-an silam, perusahaan video game asal Jepang, Sega memiliki sebuah konsol bernama Sega Mega Drive atau yang dikenal juga dengan nama Sega Genesis. Kini, Sega mengumumkan akan meluncurkan versi terbarunya, yakni Mega Drive Mini 2.

Mega Drive Mini 2 sejatinya merupakan penerus dari Mega Drive Mini (Sega Genesis Mini), sebuah konsol yang dirilis pada September 2019 lalu. Konsol generasi pertama itu meluncur dengan membawa 42 judul game yang mencakup Sonic the Hedgehog, Streets of Rage II, dan Kid Chameleon.

 

Sedikit lebih banyak dibanding pendahulunya, Mega Drive Mini 2 nantinya akan menawarkan koleksi 50 game klasik dari konsol Mega Drive dan Mega CD. Puluhan game tersebut akan hadir sebagai software bawaan (built-in) dan sudah terpasang pada konsol.

Artinya, pengguna dapat langsung menjajal beragam game retro tanpa perlu lagi membeli game secara terpisah.

Baca juga: Sega dan Microsoft Kerja Sama Layanan Cloud Gaming

Beberapa game yang akan hadir pada Mega Drive Mini 2 termasuk judul game populer "Sonic the Hedgehog CD" dari konsol Mega CD, "Virtual Racing" dari Mega Drive, dan masih banyak lagi.

Penggemar juga masih dapat menikmati nuansa nostalgia yang khas ala Mega Drive dan Mega CD saat memainkan Mega Drive Mini 2. Sebab, 50 game yang ada di konsol tersebut hadir dalam versi original alias bukan game remaster (dirilis ulang).

Untuk ketersediaannya, Mega Drive Mini 2 dipastikan meluncur secara perdana di Jepang pada 27 Oktober 2022 mendatang. Konsol ini akan dipasarkan dengan harga 9.980 Yen atau sekitar Rp 1 jutaan.

Dilaporkan The Verge, saat ini Sega hanya menginformasikan akan meluncurkan Mega Drive Mini 2 di Jepang. Belum diketahui apakah konsol ini akan dipasarkan ke negara lain atau tidak.

Baca juga: Sega Jual Bisnis Game Arcade Imbas Pandemi Covid-19

Hingga saat ini Sega hanya mengungkap segelintir judul game yang akan hadir pada Mega Drive Mini 2.

Apabila Mega Drive Mini 2 akan meluncur ke pasar AS, ada kemungkinan tidak semua game akan ikut dirilis, mengingat sejumlah judul game pada konsol tersebut hanya tersedia secara eksklusif di Jepang.

Adapun judul game yang dijanjkan akan hadir di Mega Drive Mini 2 adalah sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari IGN Southeast Asia, Selasa (7/6/2022).

  • Silpheed (Mega CD)
  • Shining Force CD (Mega CD)
  • Sonic the Hedgehog CD (Mega CD)
  • Mansion of Hidden Souls (Mega CD)
  • Popful Mail (Mega CD)
  • Virtua Racing (Mega Drive)
  • Bonanza Bros (Mega Drive)
  • Shining in the Darkness (Mega Drive)
  • Thunder Force IV (Mega Drive)
  • Magical Taruruto (Mega Drive)
  • Fantasy Zone (Mega Drive port)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com