8 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan serta Cara Mengatasinya

Kompas.com - 08/06/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp tak luput dari yang namanya masalah, misalnya saja seperti tiba-tiba aplikasi tidak bisa dipakai untuk mengirim atau menerima pesan. Sebagian dari Anda mungkin pernah pula mengalami masalah tersebut.

Masalah WhatsApp tidak bisa menerima pesan atau WhatsApp tidak bisa mengirim pesan itu bisa ditimbulkan dari beberapa penyebab. Yang paling umum, penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima pesan adalah buruknya jaringan internet di ponsel.

Baca juga: 6 Ciri-ciri WhatsApp Disadap serta Cara Mengatasinya

Layanan perpesanan WhatsApp bisa diakses apabila ponsel terhubung dengan jaringan internet. Kondisi internet yang buruk bakal mempengaruhi kinerja WhatsApp. Anda mungkin tidak bakal bisa menerima dan mengirim pesan WhatsApp.

Namun pada momen tertentu, permasalahan WhatsApp tidak bisa mengirim pesan tetap saja terjadi, meski ponsel telah terhubung dengan jaringan internet yang memadai. Lantas,
Kenapa WhatsApp tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus?

Selain faktor jaringan internet, masalah tersebut juga bisa ditimbulkan dari pengaturan ponsel dan aplikasi WhatsApp itu sendiri. Bila Anda tengah mengalami masalah WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima pesan, coba ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima pesan

1. Jaringan internet buruk

Sebagaimana sempat disinggung, penyebab WhatsApp gagal mengirim pesan adalah ponsel tidak terhubung dengan jaringan internet yang memadai. Akibatnya, proses mengirim dan menerima pesan bisa tersendat.

2. Akses penggunaan data pada WhatsApp dibatasi

Yang kedua, penyebab WhatsApp gagal menerima pesan bisa ditimbulkan karena Anda membatasi pengguna data pada aplikasi tersebut. Setiap ponsel kini kebanyakan telah dibekali dengan fitur pembatasan penggunaan data pada aplikasi tertentu.

Fitur tersebut sebenarnya bertujuan untuk menghemat data internet seluler supaya tidak terbuang ke aplikasi yang mungkin kurang penting. Saat fitur itu aktif pada aplikasi WhatsApp, Anda bakal kesulitan buat menerima atau mengirim pesan.

3. Cache WhatsApp yang menumpuk

Cache atau data sementara dari aplikasi WhatsApp yang memenuhi memori ponsel bisa mengakibatkan sejumlah gangguan, termasuk mungkin masalah gagal menerima dan mengirim pesan.

4. Menggunakan versi aplikasi WhatsApp yang usang

Versi aplikasi WhatsApp yang telah usang biasanya terdapat bug. Bila terus menggunakan versi aplikasi WhatsApp yang telah usang, kemungkinan besar bakal mengalami masalah dalam pengoperasiannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.