Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan serta Cara Mengatasinya

Kompas.com - Diperbarui 25/10/2022, 14:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Update, 25 Oktober 2022: WhatsApp Error, Pengguna Keluhkan WA Down Hari Ini

KOMPAS.com - WhatsApp tak luput dari yang namanya masalah, misalnya saja seperti tiba-tiba aplikasi tidak bisa dipakai untuk mengirim atau menerima pesan. Sebagian dari Anda mungkin pernah pula mengalami masalah tersebut.

Masalah WhatsApp tidak bisa menerima pesan atau WhatsApp tidak bisa mengirim pesan itu bisa ditimbulkan dari beberapa penyebab. Yang paling umum, penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima pesan adalah buruknya jaringan internet di ponsel.

Baca juga: 6 Ciri-ciri WhatsApp Disadap serta Cara Mengatasinya

Layanan perpesanan WhatsApp bisa diakses apabila ponsel terhubung dengan jaringan internet. Kondisi internet yang buruk bakal mempengaruhi kinerja WhatsApp. Anda mungkin tidak bakal bisa menerima dan mengirim pesan WhatsApp.

Namun pada momen tertentu, permasalahan WhatsApp tidak bisa mengirim pesan tetap saja terjadi, meski ponsel telah terhubung dengan jaringan internet yang memadai. Lantas,
Kenapa WhatsApp tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus?

Selain faktor jaringan internet, masalah tersebut juga bisa ditimbulkan dari pengaturan ponsel dan aplikasi WhatsApp itu sendiri. Bila Anda tengah mengalami masalah WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima pesan, coba ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim dan menerima pesan

1. Jaringan internet buruk

Sebagaimana sempat disinggung, penyebab WhatsApp gagal mengirim pesan adalah ponsel tidak terhubung dengan jaringan internet yang memadai. Akibatnya, proses mengirim dan menerima pesan bisa tersendat.

2. Akses penggunaan data pada WhatsApp dibatasi

Yang kedua, penyebab WhatsApp gagal menerima pesan bisa ditimbulkan karena Anda membatasi pengguna data pada aplikasi tersebut. Setiap ponsel kini kebanyakan telah dibekali dengan fitur pembatasan penggunaan data pada aplikasi tertentu.

Fitur tersebut sebenarnya bertujuan untuk menghemat data internet seluler supaya tidak terbuang ke aplikasi yang mungkin kurang penting. Saat fitur itu aktif pada aplikasi WhatsApp, Anda bakal kesulitan buat menerima atau mengirim pesan.

3. Cache WhatsApp yang menumpuk

Cache atau data sementara dari aplikasi WhatsApp yang memenuhi memori ponsel bisa mengakibatkan sejumlah gangguan, termasuk mungkin masalah gagal menerima dan mengirim pesan.

4. Menggunakan versi aplikasi WhatsApp yang usang

Versi aplikasi WhatsApp yang telah usang biasanya terdapat bug. Bila terus menggunakan versi aplikasi WhatsApp yang telah usang, kemungkinan besar bakal mengalami masalah dalam pengoperasiannya.

5. Kontak diblokir

Penyebab WhatsApp gagal mengirim pesan bisa juga ditimbulkan karena telah memblokir kontak pengguna lain. Saat terblokir, Anda tidak bakal bisa menerima dan mengirim pesan masuk ke pengguna lain.

6. Belum menyelesaikan proses verifikasi awal WhatsApp

Saat menginstal ulang WhatsApp, biasanya dimintai untuk melakukan proses verifikasi. Bila belum menyelesaikan proses itu, Anda tidak bakal bisa untuk mengirim, bahkan menerima pesan WhatsApp dari pengguna lain, sebagaimana dilansir laman resmi WhatsApp.

7. Kontak belum terdaftar WhatsApp

Berikutnya, Anda juga tidak bakal bisa mengirim pesan pada kontak atau nomor telepon yang belum registrasi akun WhatsApp. Bila belum teregistrasi, kontak tersebut tidak akan terdeteksi di WhatsApp.

8. Server WhatsApp mengalami gangguan

Dikutip dari Guiding Tech, penyebab WhatsApp gagal menerima pesan bisa muncul di luar faktor pengguna. Masalah ini bisa terjadi dari faktor internal pengembang, salah satunya seperti gangguan pada server aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com