Kompas.com - 08/06/2022, 16:04 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Musim terbaru dari serial Netflix Stranger Things menyelipkan sebuah game dalam jalan ceritanya yang bernama Dungeons and Dragons atau biasa disingkat DnD.

Selain Stranger Things, serial TV seperti Community, The Simpsons, hingga The Big Bang Theory juga pernah menyebutkan game Dungeons and Dragons dalam beberapa episodenya.

Seperti apa game Dungeons and Dragons sampai sering disebut-sebut di serial populer?

Sederhananya, DnD merupakan sebuah game yang dimainkan di atas meja (tabletop game) yang biasa dimainkan minimal 2 orang lebih secara fisik, sama seperti permainan game papan (board game) ular tangga, ludo, dan semacamnya. 

Hanya saja, Dungeons and Dragons merupakan game alih peran alias role playing game (RPG) yang memungkinkan pemainnya berpetualang di dunia fantasi hasil dari imajinasi mereka sendiri.

Baca juga: Daftar Game Gratis PlayStation Plus Juni, Ada God of War

Karena merupakan menyuguhkan gameplay yang lebih rumit dari board game konvensional, DnD memerlukan beragam alat fisik macam pensil, peta, miniatur karakter, lembar statistik, buku panduan bermain, aneka jenis dadu, dan lain sebagainya.

Ilustrasi game Dungeons and Dragons versi fisik.Wikipedia Ilustrasi game Dungeons and Dragons versi fisik.
Alat-alat tersebut tentunya digunakan untuk mencatat progres dan statistik pemain, sekaligus memandu jalannya permainan dengan berbagai peraturan hingga game tersebut mencapai kata "tamat".

Meski mungkin terdengar asing di telinga pengguna, Dungeons and Dragons sendiri bisa dibilang merupakan salah satu game yang paling berpengaruh di dunia, terutama di genre RPG. 

Pasalnya, game ini dianggap sebagai game RPG pertama di dunia, dan bahkan telah hadir jauh sebelum aneka game RPG populer macam Diablo, Final Fantasy, hingga The Elder Scrolls diperkenalkan pada tahun 1990-an.

Dirilis ke publik pada tahun 1974

Dungeons and Dragons pertama kali diperkenalkan pada 1974 oleh Gary Gygax dan Dave Arneson.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.