Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crayta Kini Hadir di Facebook Gaming, Bikin Game Bisa dari Smartphone

Kompas.com - 09/06/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Meta membawa Crayta ke layanan streaming game Facebook Gaming. Crayta merupakan platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat game, dan bermain game dengan orang lain secara real time.

Dalam pengumumannya, Meta mengatakan Platform pengembangan game gratis ini akan tersedia untuk semua yang memiliki akun Facebook.

Crayta sendiri menyediakan tool pengembang game yang mudah digunakan, sehingga pembuatan game bisa dilakukan dengan mudah, melalui desktop maupun perangkat mobile seperti smartphone.

"Biasanya jika Anda ingin menjalankan sesuatu secara 3D berkualitas tinggi, akan sulit dirender melalui browser atau ponsel," kata CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam postingan di akun Facebook-nya, Kamis (9/6/2022).

"Namun Anda bisa melakukannya dengan infrastuktur cloud dan membagikannya ke seluruh dunia," lanjut Zuckerberg yang sekaligus mengumumkan hadirnya Crayta di Facebook Gaming.

Baca juga: Kecewa Mixer Gabung Facebook Gaming, Streamer Eksodus ke Twitch

Secara umum Crayta dapat menunjang pembuatan dan penerbitan game multi-player sederhana hanya dalam 15 menit.

Pengguna tidak perlu membuat kode atau memiliki keterampilan khusus untuk membuat game melalui platform tersebut. Pengguna bahkan bisa berkolaborasi hingga dengan 20 orang untuk bersama-sama membuat game di Crayta

 

Dengan hadirnya Crayta ke Facebook Gaming, pengguna juga tak perlu lagi mengunduh game ke komputer mereka untuk memainkan game yang tersedia di katalog Crayta. Pengguna hanya perlu mengakses Facebook Gaming dan memakai fitur Crayta yang tersedia pada layanan tersebut.

"Seringkali orang berpikir metaverse sebagai pengalaman 3D yang bisa dirasakan di virtual dan augmented reality. Namun yang Crayta tunjukkan adalah Anda bisa membangun dan menikmati pengalaman yang hampir sama (dengan metaverse), meskipun di lingkungan 2D seperti dalam aplikasi Facebook di komputer maupun ponsel," imbuh Zuck.

Hasil akuisisi Unit 2 Games

Crayta sebenarnya adalah platform studio game yang dikembangkan oleh Unit 2 Games dan memulai debutnya pada 2020. Dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (9/6/2022), Crayta awalnya hanya tersedia eksklusif di Google Stadia.

Baca juga: Profil Sheryl Sandberg, Sosok Penting di Balik Gurita Bisnis Meta Facebook

Kemudian pada tahun 2021, layanannya diperluas ke PC melalui Epic Game Store. Pada Juni 2021, Meta (dulu Facebook) mengakuisisi Unit 2 Games hingga akhirnya Crayta tersedia di Facebook Gaming.

Di antara fitur menarik yang ditawarkan Crayta yaitu bisa berbagi elemen game dengan Roblox, animasi ala Fortnite, pertandingan musiman dan dukungan avatar.

Tak hanya itu, Crayta juga memungkinkan pengguna berbagi game hanya dengan satu tautan. Jadi pengguna lainnya yang mengklik tautan tersebut bisa langsung masuk ke game melalui browser.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.