Kompas.com - 09/06/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Membahas bahasa gaul di Twitter seakan tak ada habisnya. Salah satu bahasa gaul di Twitter yang kerap berseliweran di linimasa adalah “Salty”. Sebagian dari Anda mungkin pernah pula melihatnya.

Biasanya, istilah Salty di Twitter dipakai oleh para pengguna pada akun Menfess (Mention and Confess) atau akun untuk mengunggah Tweet berisi pesan tertentu yang cukup sensitif secara anonim.

Baca juga: Cara Membuat dan Gabung Spaces di Twitter serta Jadi Host Forum

Adapun salah satu contoh penggunaan Salty di Twitter bisa dilihat lewat akun Menfess dengan handle @Sbmptnfess, sebagaimana tertera pada cuplikan Tweet di bawah ini.

Akun tersebut memulai tulisan dengan membubuhkan “maaf no salty”, kemudian dilanjut dengan pernyataan keberatan mengenai sebuah pendapat. Selain akun Menfess, istilah Salty juga dipakai oleh akun biasa, misal akun dengan handle @lilaccountz ini.

Akun itu menyebut istilah Salty dalam kalimat “Heran juga kenapa pada salty padahal ini bener”, untuk mengomentari masalah suara musik yang terlalu kencang.

Dari dua contoh di atas, cukup membuktikan bahwa istilah Salty kerap dipakai oleh para pengguna di Twitter. Kendati cukup banyak yang memakai Salty di Twitter, tampaknya istilah tersebut bukan berasal dari bahasa Indonesia.

Arti Salty di Twitter

Berdasarkan penelusuran lebih lanjut, Salty sendiri merupakan istilah yang bersumber dari bahasa Inggris. Dalam kamus bahasa Inggris, Salty secara formal diartikan sebagai “mengandung rasa asin”, misalnya makanan asin (Salty food).

Bila melihat arti formal tersebut, istilah Salty yang kerap dipakai di Twitter kemungkinan besar memiliki makna lain. Sebagaimana disebut pada dua contoh di atas, Salty cenderung dipakai untuk mengomentari sebuah peristiwa atau perilaku tertentu.

Berdasar kebiasaan pengguna di Twitter, istilah Salty kurang tepat bila diartikan dengan “mengandung rasa asin”, seperti yang terkodifikasi dalam kamus bahasa Inggris. Lantas, apa itu Salty di Twitter?

Dalam bahasa Inggris, istilah Salty terbagi menjadi dua bentuk kata, yakni Salty sebagai kata dalam bahasa formal yang artinya adalah “mengandung rasa asin”, seperti sempat disinggung di atas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.