Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pin Postingan Foto dan Video Instagram di iPhone dan HP Android

Kompas.com - 09/06/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Postingan atau unggahan video dan foto Instagram kini bisa disematkan (pin) oleh pengguna berkat fitur yang baru saja dirilis. Lantas, apa itu postingan disematkan di Instagram?

Lewat akun Twitter @Instagram, pihak Instagram mengumumkan fitur baru bernama “Pin”. Dengan fitur Pin, pengguna bisa menyematkan hingga maksimal tiga postingan foto atau video supaya berada di bagian paling atas halaman profil Instagram.

Baca juga: Cara Mengatasi Filter Efek Instagram yang Gagal Digunakan

Adapun postingan Instagram yang bisa disematkan itu berupa foto dan video Feed atau Reels. Sementara itu, fitur Pin di Instagram sebenarnya bukanlah hal yang baru.

Fitur menyematkan konten supaya berada di daftar teratas telah lebih dulu hadir di platform seperti Twitter dan TikTok. Di Instagram sendiri, fitur Pin sudah diuji coba sejak April lalu. Sekarang, fitur ini bisa mulai dijajal oleh semua pengguna secara global.

Supaya bisa mengakses fitur ini, tiap pengguna perlu memastikan bahwa telah memiliki versi aplikasi Instagram yang terbaru di ponsel, baik di iPhone maupun ponsel Android.

Bila sudah memilikinya, fitur ini bakal ditambahkan secara otomatis di aplikasi Instagram lewat opsi bernama “Pin to your profile” atau “Sematkan ke profil Anda”. Melalui opsi tersebut, pengguna bakal bisa menyematkan postingan di Instagram.

Sudah penasaran dengan bagaimana cara pin postingan di Instagram? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah langkah buat pin postingan di Instagram pada iPhone dan Android.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Beranda

Cara pin postingan di Instagram

  • Buka halaman profil akun Instagram.
  • Kemudian, pilih dan buka unggahan foto atau video yang hendak disematkan pada daftar teratas halaman profil Instagram.
  • Setelah membuka postingan, lalu ketuk ikon titik tiga.
  • Terakhir, bakal muncul bilah menu dan pilih opsi “Pin to your profile” atau “Sematkan ke profil Anda”.
  • Di iPhone, opsi tersebut juga bisa diakses dengan cara mengetuk dan tahan pada satu postingan.

Ilustrasi cara pin postingan di InstagramKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara pin postingan di Instagram

Setelah memilih opsi “Pin to your profile”, postingan tersebut secara otomatis bakal diletakkan di daftar teratas pada halaman profil Instagram.

Untuk membatalkan atau menghapus pin, caranya tinggal klik opsi “Batalkan sematkan dari profil. Kemudian, sebagaimana sempat disinggung di awal, pin hanya bisa dilakukan hingga maksimal untuk tiga postingan.

Baca juga: Cara Bikin Avatar di Instagram serta Membagikannya ke DM dan Stories

Bila pengguna menambahkan pin lebih dari tiga postingan, maka postingan yang telah disematkan pertama kali bakal dikembalikan ke posisi semula dalam daftar halaman profil.
Itulah cara pin postingan di Instagram pada iPhone dan ponsel Android, selama

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com