Kompas.com - 09/06/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Klub bola Liga 1 Persib Bandung dikabarkan bakal meluncurkan fan token yang bekerja sama dengan platform blockchain, Socios.com. Dilihat dari situs web Socios.com, nama fan token dari Persib Bandung pun telah terpampang ($PERSIB).

Dikutip dari Kompas.com, bagi pemegang fan token Persib Bandung nantinya dapat terlibat untuk memengaruhi keputusan klub yang diambil lewat voting, seperti memilih desain jersey, nomor punggung, hingga lagu saat tim merayakan kemenangan.

Baca juga: Cara Daftar Akun OpenSea dan MetaMask untuk Jual-Beli NFT

Sebelum Persib Bandung, sebenarnya sudah terdapat beberapa klub bola yang lebih dulu menggunakan fan token dari platform Socios.com, sebut saja seperti Barcelona FC, Manchester City, Arsenal, Juventus, dan sebagainya.

Perlu diketahui, Socios.com sendiri merupakan platform dengan layanan blockchain yang memiliki target khusus untuk menjaring penggemar klub bola. Lewat fan token Socios, para penggemar dikatakan bisa turut andil dalam perkembangan klub bola.

Pertukaran antara kepemilikan token dan wewenang itulah yang jadi penawaran unggulan dari fan token Socios. Sebagai salah satu jenis produk blockchain, pembuatan fan token itu sama seperti mata uang kripto pada umumnya atau NFT (Non-Fungible Token)

Fan token juga dibangun menggunakan mekanisme kriptografi (enkripsi end-to-end) untuk mengautentikasi kepemilikannya dalam jaringan buku besar blockchain. Kendati dibangun lewat cara yang sama, fan token memiliki perbedaan dengan kedua produk blockchain itu.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan soal apa itu fan token dan cara kerjanya, dikutip dari laman pemantau harga aset kripto Coin Market Cap.

Apa itu fan token?

Fan token adalah mata uang kripto dengan skema yang cukup unik dibanding jenis mata uang kripto umumnya, seperti Bitcoin atau Ethereum. Nilai fan token diciptakan cenderung berdasarkan besarnya partisipasi penggemar dalam klub akibat benefit yang ditawarkan.

Semakin besar partisipasi penggemar dalam sebuah klub maka fan token juga bakal makin berharga. Beda dengan Bitcoin atau Ethereum, yang nilainya diproduksi lebih berdasar dari hubungan tingginya permintaan dan kelangkaan koin dalam pasar.

Dalam hal fan token, penggemar memiliki andil yang besar ketimbang pasar. Dari proses produksi nilainya, tak heran bila fan token menyasar penggemar klub bola dengan potensi partisipasi yang cukup besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.