Kilas Balik Turnamen "Mobile Legends" MSC, Indonesia Pernah Jadi Tuan Rumah dan Juara

Kompas.com - 09/06/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Kompetisi skala Asia Tenggara untuk game Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), yaitu MLBB Southeast Asia Cup (MSC) 2022 bakal dimulai pada Sabtu (11/6/2022) mendatang.

Sejauh ini, kompetisi MSC sendiri, yang biasanya diadakan tahunan secara fisik (offline), sudah digelar sebanyak lima kali sejak tahun 2017, di mana MSC 2020 batal digelar karena pandemi Covid-19.

Kompetisi MSC lantas dilanjutkan pada 2021 dan dihelat secara online karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Turnamen tersebut lalu kembali ke format offline pada MSC 2022, dan bakal digelar di Malaysia International Trade and Exhibition Centre, Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu mendatang.

Baca juga: Jadwal Lengkap Babak Group Stage Mobile Legends MSC 2022 yang Dimulai Pekan Ini

Kompetisi ini akan diawali dengan babak liga (Group Stage) pada 11-12 Juni, dan lantas akan dilanjutkan dengan babak penyisihan (Playoffs) pada 14-19 Juni mendatang.

Nah, sebelum menyaksikan gelaran MSC 2022 tahun ini, menarik untuk melihat kilas balik turnamen MSC dari tahun ke tahun, negara yang menjadi tuan rumah MSC, serta tim yang menjadi juara di setiap gelaran MSC di tahun-tahun sebelumnya.

MSC pertama digelar di Indonesia

Ilustrasi suasana MSC 2017 di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.Facebook.com/Mobile Legends Indonesia Ilustrasi suasana MSC 2017 di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

MSC tahun pertama digelar pada 2017 dan Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah kompetisi skala Asia Tenggara tersebut.

Kala itu, ada delapan tim dari lima negara yang beradu kemampuan di panggung MSC 2017 yang dihelat di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Apabila melihat foto di atas, ajang MSC kala itu digelar secara megah dan meriah, dan konon dihadiri oleh ribuan penonton.

Kembali lagi ke tim yang berpartisipasi, Indonesia sendiri diwakili oleh dua tim e-sports yang bernama Elite8 Esports dan Saints Indo.

Meski demikian, Elite8 Esports harus tereliminasi dalam pertandingan "perang saudara" melawan Saints Indo di babak Playoff Lower Bracket dengan skor 2-1.

Saints Indo lantas ikutan tereliminasi oleh tim asal Filipina, Solid Gaming dengan skor 2-1 di babak yang sama.

Adapun gelar juara perdana MSC 2017 sendiri dipegang oleh tim asal Thailand, yaitu IDONOTSLEEP Esports yang sukses menaklukkan tim asal Filipina, Salty Salad dengan skor sempurna 3-0.

Juara ketiga di MSC 2018

Aether Main yang menjuarai turnamen MSC 2018.Mobile Legends Aether Main yang menjuarai turnamen MSC 2018.

Kompetisi MSC tahun berikutnya, yaitu MSC 2018 kembali digelar di Indonesia, tepatnya di Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta Pusat.

Baca juga: Cara Setting Kontrol Mobile Legends agar Mudah Bidik Musuh

Berbeda dengan MSC 2017, MSC 2018 diikuti oleh sepuluh tim dari lima negara, di mana Indonesia memiliki tiga perwakilan, yaitu Aerowolf Roxy, Evos Esports, dan RRQ.O2.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.