Kompas.com - 10/06/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Selama pandemi, kehidupan orang di dunia telah banyak mengalami perubahan. Peralihan kegiatan menjadi daring (online) membuat orang-orang harus terbiasa bekerja di depan layar.

Kebiasaan ini membuat sebagian orang merasa sulit lepas dari penggunaan gawai, seperti smartphone, tablet, komputer, dan sebagainya. Melihat hal ini, perusahaan teknologi Asurion yang berbasis di Amerika Serikat (AS), melakukan survei untuk mengetahui intensitas penggunaan perangkat HP terhadap orang dewasa di AS.

Survei tersebut melibatkan 1.965 orang dewasa di AS dengan rentang usia dan generasi yang berbeda. Survei dilakukan pada periode 2 Maret hingga 9 Maret 2022.

Hasilnya, dari survei tersebut diketahui bahwa orang dewasa rata-rata mengecek ponselnya sebanyak 352 kali dalam satu hari atau sekitar tiga menit sekali selama sehari.

Baca juga: Bahayakah Membersihkan Layar Smartphone dengan Cairan Alkohol?

Apabila dibandingkan dengan riset yang dilakukan pada 2019 lalu atau sebelum pandemi, orang dewasa di AS hanya mengecek smartphone rata-rata sebanyak 96 kali dalam sehari

Hal ini menunjukkan tahun 2022 naik 4 kali lebih tinggi dibanding 2019 setelah pandemi.

Dari survei yang dilakukan, sebanyak tiga perempat responden menjawab bahwa HP atau ponsel sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan tidak lagi dipandang sebagai barang mewah.

Sebagaian besar responden tersebut bahkan menjawab tidak akan pergi tanpa smartphone-nya, karena memang sudah menjadi kebutuhan.

Sedangkan 75 persen lainnya mengakui bahwa mereka bahkan turut membawa smartphone ke kamar mandi karena saking seringnya menggunakan HP.

Menurut Direktur Senior bidang Riset dan Pengetahuan Asurion, Anitha Somanahally, smartphone memang memilki peran yang besar dalam keseharian kita.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.