Nokia Disebut Siapkan Smartphone Seri X dan G Terbaru, Meluncur Paruh Kedua 2022

Kompas.com - 10/06/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Nokia dikabarkan tengah mempersiapkan serangkaian ponsel terbarunya yang akan dirilis pada paruh kedua 2022 atau sekitar Juli hingga Desember mendatang. 

Smartphone baru tersebut konon dari lini Nokia X dan G 5G. Seperti namanya, deretan perangkat tersebut akan dibekali dukungan untuk mengakses jaringan 5G.

Kehadiran lini Nokia X dan G 5G series memang masih belum dikonfirmasi secara resmi oleh HMD Global, selaku pemegang lisensi Nokia.

Bocoran ini berasal dari media Nokiapoweruser yang mendapat informasi dari sumber dalam industri.

Smartphone seri Nokia X dan G dengan jaringan 5G, disebut akan ditenagai chipset Snapdragon 480 Plus 5G. Artinya jajaran ponsel tersebut akan menyasar pasar kelas menengah.

Baca juga: Bos Nokia Sebut Pengguna Smartphone Makin Sedikit 2030

Pada Maret lalu, Nokia sendiri memang sudah menyerah bikin smartphone kelas atas atau flagship. HMD Global menegaskan tidak akan membuat smartphone kelas atas di bawah nama Nokia.

Dengan chipset Snapdragon 480 Plus besutan Qualcomm ini ponsel 5G yang dibuat dapat dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. 

Snapdragon 480 Plus 5G merupakan chipset penerus dari Snapdragon 480 yang meluncur pada 2021 lalu.

Dengan membawa embel-embel "Plus", chipset ini menjanjikan peningkatan kecepatan clock yang lebih tinggi dari pendarulunya, berikut dukungan Bluetooth 5.2.

Selain membawa chipset Snapdragon 480 Plus 5G, jajaran Nokia X dan G 5G terbaru juga disebut akan memiliki layar dengan refresh rate 120 Hz.

Umumnya, smartphone yang masuk ke dalam kategori kelas menengah (mid-range) memiliki refresh rate yang mentok di angka 90 Hz.

Baca juga: Nokia Menyerah Bikin Smartphone Flagship, Fokus ke Ponsel Murah

Diduga kuat bahwa Nokia XR21 5G, Nokia X21 5G, dan Nokia X11 5G bakal menjadi nama-nama smartphone yang mewakili lini Nokia X 5G series, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Nokia Power User, Jumat (10/6/2022).

Sementara itu, nama-nama model untuk lini Nokia G 5G series kini masih menjadi misteri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.