Melihat Teknologi Fast Charging 150 Watt di Realme GT Neo 3, Seberapa Cepat Isi Baterai?

Kompas.com - 10/06/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Realme resmi meluncurkan Realme GT Neo 3 dan GT Neo 3T di Indonesia pada Selasa, 7 Juni 2022. Dari keduanya, REalme GT Neo 3 merupakan model yang paling tinggi lantaran dibekali spesifikasi yang lebih mumpuni.

Salah satu spesifikasi Realme GT Neo 3 yang diunggulkan adalah dukungan fast charging hingga 150 watt.

Realme mengeklaim bahwa GT Neo 3 menjadi smartphone pertama yang mengusung teknologi fast charging dengan daya sebesar itu.

Baca juga: Realme GT Neo 3 dan GT Neo 3T Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Realme mengeklaim, teknologi fast charging yang disebut UltraDart Charge itu mampu mengisi daya baterai GT Neo 3 yang berkapasitas 4.500 mAh dalam waktu 5 menit saja, dari sisa daya 0-50 persen.

Secara teknis Realme menggunakan beberapa teknologi agar smartphone anyarnya dapat diisi ulang dalam waktu singkat, tanpa risiko overheat (suhu terlalu tinggi).

Pertama, yaitu teknologi Dual Charge Pump Parallel Architecture, yakni teknologi yang mampu meningkatkan level konversi pengisian hingga 98,5 persen, sekaligus meredam panas yang timbul ketika proses pengisian ulang baterai.

Jadi, suhu perangkat akan tetap dijaga di bawah 43 derajat celcius ketika pengisian daya dilakukan untuk mencegah overheat.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Realme GT Neo 3 di Indonesia

Kedua, Realme juga menyematkan Battery Sense Voltmeter pada Realme GT Neo 3 agar ponsel mampu mendeteksi voltase baterai secara akurat. Dengan demikian, smartphone itu dapat menyesuaikan pengisian daya yang tepat selama proses pengisian ulang baterai.

Tak hanya dari aspek smartphone, adaptor charger sebagai pelengkap proses pengisian ulang baterai Realme GT Neo 3 juga dilengkapi dengan beberapa protokol pengisian cepat seperti Power Delivery (PD), Programmable Power Supply (PPS), dan Quick Charge (QC).

Untuk protokol Power Delivery, secara sederhana merujuk para perangkat yang dapat mendukung input daya 5V, 9V, 15V, 20V, atau lebih, sebagaimana dirangkum dari KompasTekno dari XDA Developers.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.