Kompas.com - 10/06/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Murah dan mewah. Dua kata tersebut tampaknya bisa menggambarkan ponsel kelas menengah (mid-range) terbaru Oppo yang belum lama ini dipasarkan di Indonesia, yaitu Oppo A16k.

Pasalnya, bagian cangkang ponsel terbaru dari Oppo A-Series tersebut dilapisi material yang memiliki sentuhan mengkilap bak kaca.

Selain itu, layar ponsel ini juga bisa dibilang cukup luas, ditambah dengan sekeliling bingkai ponsel berbahan aluminium, yang menampilkan kesan kokoh pada tiap sisi ponsel dan memberikan kenyamanan dalam menggenggam.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Oppo A16K di Indonesia

Nah, sebelum membahas bodinya secara keseluruhan, ada baiknya untuk membuka kotak kemasannya (unboxing) dan melihat apa saja yang didapatkan pengguna ketika membeli ponsel yang dibanderol harga Rp 2,2 juta (4/64 GB) ini.

Di dalam kotak penjualan Oppo A16k yang dominan berwarna biru laut, pengguna akan mendapatkan kartu garansi, buku panduan, SIM ejector, softcase, kepala charger berdaya 10 watt, kabel data dengan ujung micro-USB, serta unit ponsel itu sendiri.

Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan aksesori earphone ketika membeli Oppo A16k, meski ponsel ini masih dibekali dengan audio jack 3,5 mm untuk mendengarkan musik via aksesori tersebut.Kompas.com/Bill Clinten Di dalam kotak penjualan Oppo A16k yang dominan berwarna biru laut, pengguna akan mendapatkan kartu garansi, buku panduan, SIM ejector, softcase, kepala charger berdaya 10 watt, kabel data dengan ujung micro-USB, serta unit ponsel itu sendiri. Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan aksesori earphone ketika membeli Oppo A16k, meski ponsel ini masih dibekali dengan audio jack 3,5 mm untuk mendengarkan musik via aksesori tersebut.

Di dalam kotak penjualan Oppo A16k yang dominan berwarna biru laut, pengguna akan mendapatkan kartu garansi, buku panduan, SIM ejector, softcase, kepala charger berdaya 10 watt, kabel data dengan ujung micro-USB, serta unit ponsel itu sendiri.

Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan aksesori earphone ketika membeli Oppo A16k, meski ponsel ini masih dibekali dengan audio jack 3,5 mm untuk mendengarkan musik via aksesori tersebut.

Ringan dan nyaman digenggam

Lanjut ke bodi ponsel seperti yang dijanjikan tadi, saat pertama kali menggenggam (hands-on) Oppo A16k, ponsel ini cukup nyaman untuk dibawa-bawa lantaran tidak terlalu bsar, juga tidak terlalu kecil.

Selain itu, perangkat yang memiliki dimensi 164 x 75,4 x 7,85 mm tersebut juga cukup ringan lantaran memiliki bobot 175 gram, jauh lebih ringan dibanding Oppo A96 dengan bobot 191 gram.

Baca juga: Daftar iPhone Bekas Harga Rp 1-2 Jutaan buat Lebaran 2022

Di samping ringan, seperti apa yang disebutkan tadi, cangkang Oppo A16k juga terkesan mewah. Sebab, punggung ponsel ini dilapisi dengan material seperti kaca. Meski demikian, ponsel ini masih tetap nyaman digenggam dan tidak begitu licin.

Desain modul kamera Oppo A16k. Pada bagian kiri atas sisi ini terdapat pula sebuah modul berbentuk persegi berwarna hitam dan abu-abu. Modul ini memuat satu kamera yang beresolusi 13 MP, ditemani dengan hiasan bertuliskan AI dan AI Camera berikut dengan modul LED flash.Kompas.com/Bill Clinten Desain modul kamera Oppo A16k. Pada bagian kiri atas sisi ini terdapat pula sebuah modul berbentuk persegi berwarna hitam dan abu-abu. Modul ini memuat satu kamera yang beresolusi 13 MP, ditemani dengan hiasan bertuliskan AI dan AI Camera berikut dengan modul LED flash.

Namun tetap saja, lapisannya mudah kotor dengan bekas sidik jari, terlebih untuk varian warna putih yang didapatkan KompasTekno. Sehingga, pengguna harus rajin membersihkan cangkang ponsel ini agar tetap terlihat cantik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.