Ramai Postingan Elontalks, Begini Cara Bikin Videonya lewat Elontalks.com

Kompas.com - Diperbarui 05/08/2022, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ramai beredar di TikTok, video berdurasi singkat yang menayangkan pemilik Tesla Elon Musk sedang berbicara mengenai sesuatu hal. Beberapa di antaranya, Elon Musk tampak berbicara soal sosok pembuat konten asal Indonesia.

Adapun salah satu contoh video yang menayangkan pembicaraan Elon Musk tersebut bisa dilihat lewat unggahan akun dengan handle @yparikesit di TikTok, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Baca juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark di HP Android dan iPhone

@yparikesit link website yg dikamsud Om Elon ada dibio tiktok gw ygy #elonmusk #elontalks ? Brah - El Vrother

Dalam cuplikan video tersebut, Elon Musk tampak menyatakan bahwa ia merupakan teman dari akun pengguna tersebut. Kemudian, Musk juga turut mempromosikan situs web tempat jualan milik akun pengguna itu.

Bagi beberapa orang yang menonton video itu mungkin bakal terkejut. Namun, sejatinya video Elon Musk berbicara tersebut merupakan hasil rekayasa belaka. Pembicaraan yang ditampilkan dalam video itu tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Rekayasa video Elon Musk di atas dilakukan dengan memanfaatkan layanan dari situs web Elontalks.com. Situs web tersebut menyediakan layanan yang memungkinkan untuk membuat video Elon Musk berbicara sesuai dengan tulisan buatan pengguna.

Pada dasarnya, situs web Elontalks.com memanfaatkan teknologi AI (artificial intelligence) dari program Coqui.ai TTS and Wav2Lip, untuk merekayasa mimik bibir dan suara Elon Musk agar sesuai dengan tulisan yang dibuat oleh pengguna.

Sebelum menghasilkan rekayasa video Elon Musk bicara sesuai tulisan, pengguna diminta untuk menulis beberapa kata terlebih dahulu. Selanjutnya, situs bakal mendeteksi tulisan tersebut dan mengonversinya jadi ucapan Elon Musk.

Alhasil, Elon Musk bisa tampak seolah berbicara mengenai tulisan tersebut, padahal tidak demikian. Untuk melakukan rekayasa itu, situs web ini menggunakan data dari enam potongan video asli Elon Musk dalam sebuah agenda yang berbeda.

Dalam Elontalks.com, setidaknya pengguna dapat memilih salah satu di antara enam potongan video tersebut untuk menjadi bahan rekayasa.

Bila tertarik untuk ikut membuat video Elon Musk bicara sesuai tulisan tertentu, coba simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.