Pengalaman Mencoba Bikin Avatar TikTok, Mudah dan Gak Ribet

Kompas.com - 11/06/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Media sosial berbasis video, TikTok resmi meluncurkan fitur TikTok Avatar. Serupa dengan Avatar Facebook dan Bitmoji Snapchat, fitur ini memungkinkan pengguna membuat representasi digital dalam bentuk animasi 3D.

Yang membedakan Avatar TikTok dari fitur serupa lainnya terletak pada tingkat responsif yang dimilikinya. Avatar TikTok dapat mengikuti ekspresi wajah, hingga gerakan kepala dan mulut yang dilakukan pengguna.

Sejumlah gerakan yang bisa ditiru oleh TikTok Avatar mulai dari tersenyum sambil menunjukkan gigi, menggeleng dan menganggukan kepala, hingga berbicara atau memiliki suara.

Baca juga: TikTokers di Indonesia Sudah Bisa Bikin Avatar Bersuara, Begini Caranya

Uniknya, TikTok turut menambahkan efek khusus seperti saat pengguna akan mencium, maka avatar akan mengikutinya ditambah dengan ilustrasi hati yang melayang ke udara.

Kehadiran Avatar TikTok nampaknya ditujukan untuk membantu pengguna yang ingin berbagi ekspresi dan mengungkapkan perasaannya melalui konten video.

Pengalaman menggunakan TikTok Avatar

TikTok Avatar bisa meniru gerakan wajah dan bibir pengguna.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama TikTok Avatar bisa meniru gerakan wajah dan bibir pengguna.

Saat ini sebagian besar pengguna TikTok di Indonesia sudah dapat mencoba langsung fitur TikTok Avatar. Setidaknya sudah ada lebih dari 112.000 video yang menggunakan efek TikTok Avatar.

Namun sejauh ini, kehadiran fitur TikTok Avatar nampaknya masih belum diketahui oleh banyak pengguna Indonesia.

Indikasi ini muncul dari minimnya video yang menggunakan TikTok Avatar di lini masa For Your Page.

Baca juga: Cara Bikin Avatar di Instagram serta Membagikannya ke DM dan Stories

Pengalaman membuat avatar TikTok

Sebagai salah satu pengguna yang kebagian, KompasTekno menjajal untuk mengetahui pengalaman membuat avatar di TikTok.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.