2 Cara Memulihkan Cadangan Chat WhatsApp di iPhone dengan Mudah

Kompas.com - 11/06/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Saat pengguna beralih ke iPhone baru, semua data chat WhatsApp yang terdapat di iPhone lama biasanya bakal terhapus. Namun, data chat WhatsApp yang terhapus itu bukan jadi persoalan bila pengguna sebelumya telah melakukan pencadangan (backup).

Pasalnya, chat WhatsApp yang telah dicadangkan bakal bisa dipulihkan kembali. Jadi, pengguna tak perlu khawatir saat ingin beralih ke iPhone baru karena data WhatsApp yang terdapat di iPhone lamanya sudah tersimpan dengan aman.

Baca juga: Cara Backup Data WhatsApp di iPhone dengan Mudah via iCloud

Lantas, cadangan chat WhatsApp tersimpan di mana? Untuk WhatsApp di iPhone, datanya bisa disimpan atau dicadangkan dengan memanfaatkan layanan cloud bawaan produk Apple iCloud.

Layanan iCloud tersebut bisa diperoleh secara otomatis apabila pengguna telah login akun Apple ID di iPhone. Setelah login Apple ID, pengguna bisa mulai untuk membuat cadangan chat WhatsApp dengan mengetuk opsi “Cadangkan Sekarang” di aplikasi WhatsApp.

Proses pencadangan WhatsApp ke iCloud bisa dijalankan secara manual atau terjadwal otomatis (harian, mingguan, atau bulanan). Seluruh data WhatsApp yang telah dicadangkan, bisa dipulihkan atau dikembalikan (restore) kapan pun saat dibutuhkan.

Untuk restore chat WhatsApp iPhone, setidaknya terdapat dua cara yang bisa dilakukan pengguna. Pertama, memulihkan chat WhatsApp bisa dilakukan langsung di aplikasinya dengan memanfaatkan iCloud.

Atau yang kedua, dengan cara transfer data di tengah peralihan iPhone lama ke baru. Bila ingin mengetahui bagaimana cara mengembalikan chat di WhatsApp iPhone, simaklah penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Pin Postingan Foto dan Video Instagram di iPhone dan HP Android

1. Cara memulihkan chat WhatsApp di iPhone dari iCloud

  • Setelah berhasil menginstal WhatsApp untuk pertama kalinya di iPhone baru, pengguna perlu menyelesaikan proses verifikasi akun terlebih dahulu dengan mengisi kode OTP.
  • Bila akun Whatsapp telah berhasil terverifikasi, biasanya bakal muncul opsi untuk melakukan pemulihan data dari iCloud.
  • Sebelum mengetuk opsi tersebut, pastikan telah login akun dengan Apple ID yang sama dipakai untuk mencadangkan chat WhatsApp di iPhone lama.
  • Proses pemulihan bakal langsung berjalan bila data WhatsApp dari iCloud pada Apple ID telah berhasil ditemukan.

2. Cara memulihkan chat WhatsApp di iPhone lewat transfer data

  • Pemulihan chat WhatsApp juga bisa dilakukan dengan transfer data dari iPhone lama ke iPhone baru. Saat iPhone baru berada pada halaman pengaturan awal perangkat klik opsi “Transfer Directly from iPhone”.
  • Selanjutnya, dekatkan iPhone baru dengan iPhone lama.
  • Setelah itu, bakal muncul pesan bertuliskan “Set up New iPhone” di iPhone lama dan klik opsi “Continue”.
  • Lalu, kamera iPhone lama itu bakal terbuka untuk memindai gambar lingkaran berpola yang muncul pada iPhone baru.
  • Lakukan pemindaian gambar, apabila berhasil maka proses pemulihan data dari iPhone lama ke iPhone baru bakal berjalan.
  • Lewat cara ini, semua data dari iPhone lama bakal berpindah dan dipulihkan ke iPhone baru secara otomatis, termasuk data chat WhatsApp.
  • Sebelum mulai transfer data dari iPhone lama ke iPhone baru, pastikan kedua perangkat tersebut telah menjalankan versi iOS yang sama.

Baca juga: 3 Cara Menonaktifkan WhatsApp di iPhone Tanpa Mematikan Data

Itulah penjelasan soal dua cara memulihkan cadangan chat WhatsApp di iPhone dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.