Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avatar TikTok Vs Instagram, Mana yang Lebih Menarik?

Kompas.com - 12/06/2022, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, Instagram dan TikTok kerap merilis fitur serupa. Tujuannya tak lain agar membuat penggunanya tidak berpaling ke platform pesaing.

Paling baru, TikTok meluncurkan fitur berupa efek "TikTok Avatar" ke seluruh pengguna TikTok global mulai pekan ini.

Fitur "TikTok Avatar" tersebut mirip seperti fitur Avatar yang lebih dulu dirilis Instagram pada Februari lalu. Baik avatar TikTok maupaun avatar Instagram, keduanya sama-sama memungkinkan pengguna untuk membuat karakter dalam bentuk animasi 3D.

Kendati terbilang sama, fitur avatar di TikTok dan Instagram juga memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya dan mana yang lebih menarik?

Baca juga: TikTok Luncurkan Fitur Avatar yang Bisa Bersuara

Avatar Instagram jadi stiker

Ilustrasi stiker avatar di Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi stiker avatar di Instagram.
Di Instagram, avatar disajikan dalam bentuk stiker statis (diam).

Setelah proses pembuatan Avatar selesai, Instagram akan otomatis menerbitkan stiker berdasarkan Avatar yang sudah dikustomisasi sedemikian rupa oleh pengguna.

Jumlah stiker avatar yang disediakan Instagram cukup banyak, yakni mencapai 40 buah dengan gaya yang berbeda-beda, seperti gambar di samping berikut.

Sebagaimana stiker lain, stiker avatar itu hanya bisa digunakan ketika pengguna mengunggah foto atau video di Instagram Stories.

Baca juga: Meta Bawa Avatar 3D ke Instagram Stories demi Metaverse

Avatar TikTok bisa bergerak dan bersuara

Alih-alih stiker seperti avatar Instagram, avatar TikTok bisa dibilang menjadi avatar sesungguhnya. Sebab, avatar TikTok ini dihadirkan sebagai sebuah efek. Alhasil, TikTok Avatar bisa benar-benar menggantikan wajah pengguna ketika sedang merekam video TikTok.

Ketika menggunakan avatar TikTok dalam video, avatar akan meniru semua gerakan kepala dan bisa mengikuti raut wajah pengguna. Misalnya, ketika pengguna memiringkan kepala ke kanan, maka kepala avatar TikTok pun akan ikut miring ke kanan.

Ketika pengguna menganga, mulut avatar pun juga akan ikut terbuka. Ketika, pengguna mengangkat alis, avatar juga akan mengikutinya. Termasuk ketika mulut pengguna seperti akan mencium, avatar akan mengikutinya ditambah dengan ilustrasi hati yang melayang ke udara.

Baca juga: TikTokers di Indonesia Sudah Bisa Bikin Avatar Bersuara, Begini Caranya

Ilustrasi TikTok Avatar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi TikTok Avatar.
Ketika merekam video dengan efek avatar, kemudian pengguna berbicara atau bernyanyi, avatar juga akan membuka mulut mengikuti gerakan bibir pengguna dan mengeluarkan suara.

Kemampuan avatar TikTok meniru pengguna ini merupakan sesuatu yang istimewa dan unik. Sebab, avatar di Instagram belum bisa melakukannya.

Di sisi lain, karena berbentuk efek, TikTok Avatar tidak tersedia dalam bentuk stiker seperti avatar Instagram.

Selain itu, TikTok Avatar juga hanya bisa digunakan ketika pengguna mengambil selfie atau merekam diri sendiri menggunakan kamera di aplikasi TikTok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com