Avatar TikTok Vs Instagram, Mana yang Lebih Menarik?

Kompas.com - 12/06/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Selama ini, Instagram dan TikTok kerap merilis fitur serupa. Tujuannya tak lain agar membuat penggunanya tidak berpaling ke platform pesaing.

Paling baru, TikTok meluncurkan fitur berupa efek "TikTok Avatar" ke seluruh pengguna TikTok global mulai pekan ini.

Fitur "TikTok Avatar" tersebut mirip seperti fitur Avatar yang lebih dulu dirilis Instagram pada Februari lalu. Baik avatar TikTok maupaun avatar Instagram, keduanya sama-sama memungkinkan pengguna untuk membuat karakter dalam bentuk animasi 3D.

Kendati terbilang sama, fitur avatar di TikTok dan Instagram juga memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya dan mana yang lebih menarik?

Baca juga: TikTok Luncurkan Fitur Avatar yang Bisa Bersuara

Avatar Instagram jadi stiker

Ilustrasi stiker avatar di Instagram.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi stiker avatar di Instagram.
Di Instagram, avatar disajikan dalam bentuk stiker statis (diam).

Setelah proses pembuatan Avatar selesai, Instagram akan otomatis menerbitkan stiker berdasarkan Avatar yang sudah dikustomisasi sedemikian rupa oleh pengguna.

Jumlah stiker avatar yang disediakan Instagram cukup banyak, yakni mencapai 40 buah dengan gaya yang berbeda-beda, seperti gambar di samping berikut.

Sebagaimana stiker lain, stiker avatar itu hanya bisa digunakan ketika pengguna mengunggah foto atau video di Instagram Stories.

Baca juga: Meta Bawa Avatar 3D ke Instagram Stories demi Metaverse

Avatar TikTok bisa bergerak dan bersuara

Alih-alih stiker seperti avatar Instagram, avatar TikTok bisa dibilang menjadi avatar sesungguhnya. Sebab, avatar TikTok ini dihadirkan sebagai sebuah efek. Alhasil, TikTok Avatar bisa benar-benar menggantikan wajah pengguna ketika sedang merekam video TikTok.

Ketika menggunakan avatar TikTok dalam video, avatar akan meniru semua gerakan kepala dan bisa mengikuti raut wajah pengguna. Misalnya, ketika pengguna memiringkan kepala ke kanan, maka kepala avatar TikTok pun akan ikut miring ke kanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.