Ini Dia 5 Virus Komputer Pertama di Dunia dan Penciptanya

Kompas.com - 12/06/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Virus komputer adalah program perangkat lunak atau software yang mampu menyusup ke program lain di sebuah komputer dengan tujuan untuk mencuri data, mengambil alih kendali komputer, dan merusak sistem.

Sebagai sebuah program, istilah lain dari virus komputer juga biasa disebut dengan Malware (Malicious software) atau perangkat lunak jahat/berbahaya. Adapun tipe dari virus komputer yang paling umum adalah Worm dan Trojan.

Baca juga: Hati-hati, Hacker Bisa Ambil Alih Komputer Lewat File Microsoft Word

Dari istilah Worm dan Trojan, mungkin beberapa dari Anda sudah tak asing lagi dengan apa itu virus komputer. Worm adalah tipe virus yang menyebar dengan cara menggandakan diri secara otomatis.

Sementara itu, Trojan adalah virus yang menyebar bila program telah diaktivasi pengguna. Worm dan Trojan bisa dikatakan cukup terkenal, mereka memiliki beberapa turunan dengan dampak yang beragam, misalnya seperti Adware, Spyware, dan Ransomware.

Adware sendiri merupakan virus yang dapat membanjiri layar komputer pengguna dengan iklan produk tertentu. Kemudian untuk Spyware, virus ini dapat mengintai komputer pengguna secara diam-diam.

Untuk Ransoware, salah satu nama Malware yang cukup terkenal adalah WannaCry. Malware tersebut bisa mengambil alih komputer pengguna dengan mengenkripsi atau mengunci data yang ada didalamnya.

Penyebaran virus-virus tersebut dapat melalui berbagai cara seperti iklan di internet, flashdisk, aplikasi, dan e-mail. Awal mula pembuatan virus komputer sebenarnya tidak ditujukan untuk merugikan pihak lain.

Dikutip dari laman resmi platform anti-virus Kaspersky, virus komputer pertama kali dikembangkan untuk mempelajari apakah sebuah program bisa menggandakan diri secara otomatis, tanpa diaktivasi pengguna.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan daftar virus komputer pertama di dunia beserta penciptanya.

5 Virus komputer pertama di dunia

1. The Creeper

Virus komputer pertama kali muncul bernama Creeper. Creeper merupakan program yang dibuat oleh ilmuwan bernama Bob Thomas dari perusahaan riset dan pengembangan (R&D) bernama Raytheon BBN Technologies pada tahun 1971.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.