Cara Mencadangkan dan Memulihkan Chat WhatsApp di HP Android

Kompas.com - 12/06/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Bila aplikasi WhatsApp dihapus oleh pengguna dari HP (handphone) Android miliknya, semua data yang terdapat di sana bakal terhapus pula. Ini termasuk data WhatsApp berupa riwayat chat, foto, video, stiker, dan sebagainya.

Kendati bakal ikut terhapus semua, namun pengguna tetap dapat mengembalikan atau memulihkan data WhatsApp kapan saja, asalkan sebelumnya telah melakukan pencadangan (backup).

Baca juga: Arti 10 Istilah yang Kerap Dipakai di WhatsApp: SW, TC, PAP, dan Lainnya

Lantas, bagaimana cara backup WhatsApp di Android? Untuk mencadangkan data WhatsApp di HP Android, termasuk riwayat chat-nya, pengguna dapat memanfaatkan layanan penyimpanan Cloud bawaan Google Drive.

Layanan penyimpanan Google Drive umumnya bisa langsung diakses ketika pengguna telah login akun Google di HP Android. Untuk memulai proses pencadangan WhatsApp, caranya cukup mudah, berikut ini penjelasannya.

Cara backup WhatsApp di Android

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk ikon titik tiga yang biasanya berada di pojok kanan atas layar aplikasi.
  • Setelah itu, pilih opsi “Setelah” dan klik “Chat”.
  • Berikutnya, klik opsi “Cadangan Chat” dan pilih “Cadangkan ke Google Drive”.

Setelah memilih opsi tersebut, WhatsApp bakal mulai membuat pencadangan data ke Google Drive. Pengguna bisa melakukan pencadangan tersebut secara manual atau terjadwal secara otomatis (harian, mingguan, atau bulanan).

Baca juga: Cara Mengatasi “Waiting for this message” yang Muncul di WhatsApp

Bila data riwayat chat telah berhasil dicadangkan ke Google Drive, pengguna bisa mememulihkannya (restore) kapan pun, meski aplikasi WhatsApp baru saja dipasang ulang pada HP Android.

Restore chat WhatsApp Android itu bisa dilakukan langsung di aplikasi WhatsApp. Untuk penjelasan mengenai bagaimana cara mengembalikan chat di WhatsApp Android, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara memulihkan chat WhatsApp di Android

  • Setelah berhasil menginstal ulang WhatsApp di HP Android, pengguna biasanya wajib menyelesaikan proses verifikasi akun terlebih dahulu dengan mengisi kode OTP.
  • Bila akun Whatsapp telah berhasil terverifikasi, biasanya bakal muncul opsi untuk pemulihan data dari Google Drive.
  • Ketuk opsi tersebut dan proses memulihkan chat WhatsApp bakal dimulai.
  • Setelah proses memulihkan chat WhatsApp selesai, klik opsi “Lanjut”.
  • Seluruh chat yang telah dicadangkan sebelumnya bakal otomatis muncul.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, penting untuk diingat, sebelum bisa restore chat WhatsApp lewat cara di atas, pastikan HP Android telah login akun Google yang sama dipakai untuk melakukan pencadangan.

Baca juga: 8 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan serta Cara Mengatasinya

Itulah informasi seputar cara mencadangkan dan memulihkan chat WhatsApp di HP Android dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.