Kompas.com - 12/06/2022, 13:02 WIB

KOMPAS.com - Sejak tahun lalu, Facebook -kini menjadi Meta- disebut-sebut tengah mengembangkan arloji pintar (smartwatch) perdana mereka. Akan tetapi, kabar terbaru menyebut pengembangan smartwatch perdana Meta dihentikan.

Informasi tersebut dibeberkan oleh salah satu sumber yang mengetahui masalah tersebut, sebagaimana dilaporkan Bloomberg.

Sumber yang familiar dengan isu ini mengatakan bahwa pegawai yang bekerja untuk pengembangan smartwatch dengan kode nama "Milan" itu, telah diberi tahu bahwa perangkat sudah tidak lagi ada di proses produksi.

Kabarnya, masalah teknis menjadi kendala pengembangan smartwatch ini. Sebagaimana bocoran yang sudah bererdar sebelumnya, smartwatch perdana Meta ini akan dilengkapi dua kamera.

Baca juga: Inikah Smartwatch Pertama Buatan Facebook?

Fitur inilah yang digadang menjadi pembeda smartwatch Meta dan arloji pintar buatan vendor lain yang sudah ada saat ini.

Kamera pertama berada di bawah layar, sedangkan kamera kedua berada di punggung, tepat bertumpuan langsung dengan lengan penguna. Kamera kedua inilah yang menjadi masalah.

Bocoran wujud smartwatch yang tengah dikembangkan oleh Metatechcrunch.com Bocoran wujud smartwatch yang tengah dikembangkan oleh Meta

Kamera belakang mulanya ingin dirancang agar pengguna bisa melepas arloji dari strap, lalu mengambil gambar secepat mungkin.

Tapi, keberadaan kemara belakang itu justru mengganggu fungsi fitur lain, yakni kemampuan eleketromiografi, yang bertugas untuk menerjemahkan sinyal saraf pergelangan tangan untuk ditampilkan dalam informasi digital.

Baca juga: Bocoran Wujud Produk Pertama Buatan Meta, Arloji Pintar Mirip Apple Watch

Sementara elektromiografi, menjadi prioritas Meta di smartwatch buatnya. Tahun lalu, Meta sudah sesumbar bahwa elektromiografi merupakan terobosan yang mampu memfungsikan tangan seseorang sebagai "pengontrol" untuk perangkat lain, termasuk digunakan di metaverse.

Smartwatch ini memang digadang menjadi salah satu perangkat pendukung untuk mewujudkan proyek metaverse Meta. Metaverse versi Meta digambarkan sebagai dunia versi maya, di mana orang-orang bisa berinteraksi secara langsung sebagai avatar 3D digital.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber GizChina
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.