Kompas.com - 12/06/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Teknologi fast charging atau pengisian ulang cepat bukan lagi hal yang asing di dunia smartphone. Sebab, fast charging menjadi salah satu fitur yang kerap disematkan produsen smartphone agar pengisian ulang baterai berlangsung cepat, terutama bisa kapasitas baterai cukup besar.

Seiring waktu, output daya yang ditawarkan oleh produsen smartphone juga semakin tinggi. Terbaru misalnya Realme melalui smartphone seri GT Neo 3 yang menawarkan fast charging 150 watt.

Dengan output tersebut, baterai Realme GT Neo 3 yang memiliki kapasitas 4.500 mAh diklaim bisa diisi ulang dari 0 persen hingga 50 persen hanya dalam 5 menit.

Baca juga: Realme GT Neo 3 dan GT Neo 3T Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Lantas, bagaimana dampak penggunaan fast charging yang terus-menerus terhadap kesehatan baterai smartphone?

Dirangkum KompasTekno dari How To Geek, Kamis (9/6/2022), praktik fast charging pada dasarnya tidak berbahaya untuk baterai smartphone.

Sebab, charger atau pengisi dayanya tidak akan menghantarkan daya secara berlebih, melainkan sesuai dengan daya yang dapat ditampung oleh smartphone.

Dengan kata lain, pengguna bisa memakai charger dengan output yang tinggi secara aman.

Selain itu baterai smartphone juga diatur agar hanya bisa menggunakan fast charging dalam waktu tertentu. Sebab, baterai lithium-ion secara teknis mengisi ulang daya dalam tiga fase.

Fase pertama yaitu pengisian yang lambat, kemudian berlanjut pada fase kedua dengan arus yang konstan ketika tegangan meningkat dari waktu ke waktu. Tahap terakhir yaitu ketika arus dikurangi sedikit demi sedikit guna mencegah pengisian daya yang berlebih dan risiko kerusakan sel baterai.

Baca juga: Beda Fast Charging dan Quick Charging, Bisakah Merusak Baterai?

Nah, fast charging hanya akan berfungsi selama arus dihantarkan secara konstan. Itu sebabnya, berbagai vendor smartphone akan sesumbar tentang pengisian cepat di fase awal hingga kedua, misalnya "dari 0 persen hingga 50 persen dalam 30 menit", dan sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.