Telegram Pastikan Layanan Berbayar Meluncur pada Juni

Kompas.com - 13/06/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Rencana Telegram untuk menghadirkan layanan berbayar, Telegram Premium, sudah beredar sejak beberapa bulan lalu. Kini, kabar itu sudah dikonfirmasi langsung oleh pendiri sekaligus CEO Telegram, Pavel Durov.

Menurut rencana, Telegram Premium akan menawarkan beragam benefit tambahan yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang berlangganan, seperti stiker dan animasi reaction baru yang eksklusif.

Pengguna Telegram Premium juga dijanjikan dapat mengirim file dalam ukuran yang lebih besar. Meski demikian, masih belum diketahui secara pasti seberapa besar ukuran yang dimaksud.

Sebab, sejauh ini Telegram masih memungkinkan pengguna untuk dapat mengirim file dengan ukuran maksimal hingga 2 GB, setelah diperbarui tahun 2020 lalu. Sebelum pembaruan tersebut, pengguna hanya bisa mengirim file dengan ukuran maksimal 1,5 GB.

Baca juga: 7 Fitur Telegram yang Jarang Diketahui dan Cara Menggunakannya

Durov mengatakan Telegram Premium menjadi jawaban atas permintaan pengguna yang ingin mendapatkan fitur lebih dari yang ada sekarang.

Karena fitur yang lebih banyak akan menambah biaya server, maka layanan berbayar juga bisa menjadi solusi.

"Kami menyadari bahwa satu-satunya cara untuk membuat pengguna dapat tetap menikmati beragam fitur sekaligus menjaganya agar tetap gratis adalah dengan meningkatkan kualitasnya dengan menghadirkan opsi berbayar," kata Durow dalam channel Telegram-nya.

"Oleh karena itu, bulan ini (Juni) kami akan memperkenalkan Telegram Premium, layanan berbayar yang memungkinkan penggunua menggunakan fitur-fitur tambahan, kecepatan, dan sumber daya," imbuh Durov.

Pendapatan yang diraih pada layanan Premium nantinya direncanakan sebagai salah satu sumber pendanaan perusahaan, alih-alih hanya mengandalkan pemasukan dari iklan.

Baca juga: Update Telegram Bawa 7 Fitur Baru, Ada Download Manager

Lantas, bagaimana kayanan gratis sebelumnya? Durov menjamin bahwa platform bikinannya tersebut tidak sepenuhnya berubah menjadi berbayar.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.