Daftar Aplikasi yang Paling Sering Dipakai Pengguna Internet di Indonesia

Kompas.com - 13/06/2022, 12:03 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis laporan terbaru berjudul "Profil Internet Indonesia 2022". Laporan tersebut berisi hasil riset penggunaan internet di Indonesia.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia kini mencapai 210 juta jiwa. Selain dari aspek jumlah pengguna, APJII juga merinci aplikasi apa saja yang paling banyak diakses oleh pengguna internet Indonesia.

Terdapat 9 kategori aplikasi yang sering diakses pengguna yaitu aplikasi browser, media sosial, pesan instan, aplikasi konferensi online, marketplace, TV berbasis internet atau platform streaming, transportasi online, aplikasi musik dan dompet digital (e-wallet).

Baca juga: Pengguna Internet di Indonesia Tembus 210 Juta

WhatsApp paling banyak diakses

WhatsApp menjadi aplikasi yang paling dominan dipakai pengguna internet di Indonesia. Aplikasi yang bernaung di bawah perusahaan Meta ini digunakan oleh lebih dari 98 persen pengguna internet Tanah Air.

Ada pula aplikasi pesan instan lain yang menjadi alternatif pengguna, yaitu Facebook Messenger. Namun persentasenya hanya 47,12 persen.

Aplikasi lainnya yang tak kalah populer digunakan netizen di Indonesia yaitu kategori untuk browsing, media sosial dan meeting platform.

Pengguna tercatat sering menggunakan peramban Chrome dan UC Browser untuk berselancar di internet dengan masing-masing 76,95 persen dan 4,95 persen.

Untuk media sosial, alih-alih Instagram atau TikTok, aplikasi pilihan mayoritas pengguna jatuh kepada Facebook dan Youtube dengan persentase masing-masing 68,36 persen dan 63,02 persen.

Baca juga: Rata-rata Kecepatan Internet 5G di Indonesia Saat Ini

Sementara untuk belanja online, orang-orang Indonesia yang berselancar di internet lebih memilih Shopee (55,08 persen) dan Lazada (33,79 persen).

Adapun kategori lainnya seperti video call atau meeting online, pengguna internet di Indonesia memilih pakai WhatsApp untuk video conference (69,55 persen) atau Zoom (42,02 persen).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.