BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Mengenal MariSilicon X di Oppo Find X5 Pro 5G, Chipset yang Tawarkan Era Baru Fotografi dan Videografi Malam

Kompas.com - 13/06/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com – Oppo secara resmi meluncurkan Oppo Find X5 Pro 5G di Indonesia pada Kamis (2/6/2022). Ponsel seri premium terbaru ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang kelas tinggi, yakni kamera utama Sony IMX 766 50 megapiksel (MP), kamera ultrawide Sony IMX 766 50 MP, serta lensa tele 13 MP.

Kamera depannya menggunakan lensa Sony IMX 709 dengan resolusi 32 MP. Kamera ini berbentuk punch hole yang diletakkan di sisi kiri atas.

Selain lensa kamera, penerus smartphone flagship Oppo Find X3 Pro itu juga digadang-gadang menawarkan inovasi teknologi dan fitur fotografi serta videografi mumpuni.

Pada acara peluncuran, Chief Executive Officer Oppo Indonesia Jim Zhang menjelaskan, inovasi yang dibenamkan pada Oppo Find X5 Pro 5G telah dites ratusan kali untuk memastikan kualitas serta ketahanannya.

“(Dengan begitu), Oppo Find X5 Pro 5G dapat menetapkan standar baru dalam smartphone melalui berbagai fitur unggulan yang tidak ditemui pada smartphone lain,” jelas Zhang.

Baca juga: Ciptakan Standar Baru Dunia Fotografi! Ini Fitur Andalan Oppo Find X5 Pro 5G

Adapun inovasi yang dibawa Oppo pada smartphone flagship terbarunya adalah Hasselblad Natural Color Solution (HNCS), Mode Xpan, dan Filter Master Hasselblad. Fitur ini merupakan hasil kerja sama antara Oppo dan pabrikan kamera ternama asal Swedia, Hasselblad.

Hasil gambar Oppo Find X5 Pro 5G.DOK. Oppo Indonesia. Hasil gambar Oppo Find X5 Pro 5G.
Inovasi berikutnya, Oppo membenamkan Find X5 Pro 5G dengan imaging neural processing units (NPU) teranyar, yakni MariSilicon X.

MariSilicon X merupakan chipset NPU dengan arsitektur 6 nanometer (nm) yang dirancang dan dikembangkan oleh Oppo untuk menghasilkan pencitraan terbaik. Pasalnya, MariSilicon X didukung oleh kekuatan artificial intelligence (AI) tercanggih yang ada saat ini.

Chipset tersebut dinilai dapat meningkatkan kemampuan kamera pada smartphone Oppo Find X5 Pro 5G. NPU itu juga akan melengkapi kecanggihan fitur kamera hasil kerja sama Oppo dengan Hasselblad.

NPU dengan kecerdasan buatan

Kehadiran NPU MariSilicon X pada Oppo Find X5 Pro 5G membuat smartphone flagship teranyar Oppo ini mampu menjalankan aktivitas fotografi dan videografi dengan nyaris sempurna. Pasalnya, Oppo Research Institute menyematkan algoritma advanced AI noise reduction (AINR) pada MariSilicon X.

Algoritma tersebut mampu mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap frame serta memproses gambar secara piksel per piksel. Dengan demikian, Oppo Find X5 Pro 5G dapat mempertahankan detail gambar, warna kulit serta obyek yang lebih halus dan akurat.

Baca juga: Oppo Find X5 Pro Resmi Meluncur dengan Prosesor Gambar MariSilicon X

Tak hanya itu, AINR juga dapat meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi bintik foto (noise) hingga 20 kali lebih cepat.

MariSilicon X dapat pula memaksimalkan fitur real-time pengolahan RAW files, menampilkan video 4K 20 kali lebih cepat, serta 4K Ultra HDR Video Live Preview pada Oppo Find X5 Pro 5G.

Hasil kamera Oppo Find X5 Pro 5G pada malam hari. DOK. Oppo Indonesia. Hasil kamera Oppo Find X5 Pro 5G pada malam hari.

Dengan MariSilicon X, pengguna dapat merekam video 4K dengan kualitas terbaik layaknya kamera profesional melalui smartphone flagship.

NPU tersebut juga menunjang pengambilan gambar dan video dengan jelas dan penuh detail pada malam hari atau kondisi minim cahaya.

Saat Kompas.com menjajal untuk memotret pada kondisi minim cahaya, suksesor Oppo Find X3 Pro 5G tersebut mampu memotret gambar dengan jelas dan kualitas warnanya pun tetap terjaga.

Hasil tersebut bisa didapat berkat MariSilicon X yang memproses hasil bidikan dari sensor IMX766 dari Sony. NPU ini juga menjadi salah satu “otak” dalam menunjang kinerja fitur Hasselblad Natural Color Calibration yang mengandalkan sensor warna 13-channel baru. Dengan begitu, foto yang dihasilkan memiliki warna yang lebih natural dan akurat pada gambar.

Apabila pengambilan gambar dan video saat minim cahaya menggunakan mode biasa dirasa kurang memuaskan, pengguna dapat menggunakan tiga fitur unggulan, yakni 4K Ultra Night Video, Ultra Dark Video, serta Ultra Night Pro.

Fitur 4K Ultra Night Video membuat pengguna dapat merekam video pada malam hari dengan pemrosesan gambar yang jelas dan realistis tanpa membuat efek berlebih. Selanjutnya, fitur Ultra Dark Video mampu menangkap detail video pada malam hari, bahkan dalam kondisi cahaya yang redup.

Desain futuristik Oppo Find X5 Pro 5G.DOK. Oppo Indonesia. Desain futuristik Oppo Find X5 Pro 5G.

Sementara itu, Ultra Night Pro memungkinkan pengguna menangkap foto pada malam hari dengan detail dan pencahayaan yang menakjubkan.

Berkat ukuran yang hanya 6 nm, NPU MariSilicon X dapat menghasilkan kinerja cepat tanpa menghabiskan banyak daya baterai. Sebab, ukuran prosesor yang semakin kecil dapat membuat kinerjanya kian efisien. Dengan demikian, baterai menjadi lebih awet saat digunakan untuk pengambilan gambar atau video.

Baca juga: Bak Sihir, Begini Hasil Foto Bidikan Pemeran Newton Scamander Pakai Oppo Find X5 Pro 5G

Selain itu, MariSilicon X menggunakan random access memory (RAM) double data rate synchronous dynamic (DDRS) dengan tingkat maksimum transfer data hingga 8,5 gigabita per detik (Gbps).

Arsitektur memori multitier yang tertanam di dalam NPU tersebut dapat meminimalisasi delay. Arsitektur itu juga dapat mengurangi konsumsi daya baterai yang disebabkan oleh siklus baca-tulis yang tidak diperlukan.

Oppo Find X5 Pro 5G. DOK. Oppo Indonesia. Oppo Find X5 Pro 5G.

Oppo juga menyematkan Oppo Find X5 Pro 5G dengan teknologi Image Signal Processor (ISP) terbaru. ISP ini memungkinkan ponsel untuk menangkap gambar dengan dynamic range hingga 20-bit 120db atau empat kali lebih tinggi jika dibandingkan Find X3 Pro.

Tak heran, dengan NPU berteknologi AI dan sejumlah inovasi lain, Oppo Find X5 Pro 5G dinilai berhasil menetapkan standar baru pada smartphone kelas premium.

Sebagai informasi, Oppo Find X5 Pro 5G dibanderol seharga Rp 14,999,000 di Indonesia dengan pilihan warna Ceramic White dan Glaze Black.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G, Anda bisa klik tautan ini.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.