Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Voice Note WhatsApp Kini Bisa Diputar Sambil Chatting dengan Kontak Lain

Kompas.com - 14/06/2022, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp akhirnya bisa mendengarkan pesan suara (voice note) WhatsApp dengan cara baru.

Kini, pengguna WhatsApp bisa tetap bisa mendengarkan voice note yang dikirim pengguna lain, meski telah meninggalkan ruang obrolan. Pengguna juga bisa mendengarkan pesan suara sambil membuka atau chatting-an dengan kontak lainnya.

Hal tersebut dimungkinkan karena adanya fitur baru bernama "Global Voice Note Player" (pemutar pesan suara global).

Menurut pantauan KompasTekno, Selasa (14/6/2022), pengguna WhatsApp di Indonesia juga sudah kebagian fitur ini. Pasalnya, fitur Global Voice Note Player sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi 2.22.12.80 di ponsel Android.

Pengguna WhatsApp web dan desktop versi 2.2218.8 juga kebagian fitur yang sama.

Baca juga: Voice Note WhatsApp Bakal Bisa Diputar Saat Chatting dengan Kontak Lain?

Tampilan Voice Note Player

Global Voice Note Player ini memiliki antarmuka yang mirip seperti pemutar musik mini. Kurang lebih, tampilannya mirip picture in picture (PiP), namun versi audio.

Fitur ini nantinya akan muncul di atas layar pada halaman muka aplikasi WhatsApp mobile. Sedangkan di WhatsApp web dan desktop, pemutar pesan suara ini bakal muncul di sisi bawah layar.

Global Voice Note Player dibekali dengan sejumlah tombol navigasi untuk memudahkan pengguna ketika mendengarkan voice note.

Misalnya, ada tombol jeda (pause) untuk menghentikan pemutaran voice note, mulai (play) untuk memutar pesan suara, serta tanda silang untuk menutup voice note, seperti gambar di bawah ini.

Baca juga: Fitur Voice Note WhatsApp Bakal Punya Tombol Play dan Pause

Ada pula bilah khusus untuk menunjukkan sisa waktu dari voice note yang sedang didengarkan. Namun, bilah waktu itu tidak bisa digeser untuk mengulang atau lompat kebagian lain di dalam pesan suara.

Tampilan fitur baru pemutar voice note WhatsApp.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan fitur baru pemutar voice note WhatsApp.
Tak bisa dengarkan voice note di luar aplikasi WhatsApp

Sepengalaman KompasTekno, antarmuka pemutar voice note ini muncul secara otomatis setiapkali pengguna memutar (play) voice note dan keluar dari ruang obrolan.

Alhasil, pengguna bisa mendengarkan voice note sembari melakukan aktivitas lainnya di dalam aplikasi WhatsApp. Misalnya, kembali ke halaman muka WhatsApp, chatting dengan kontak lain, dan lainnya.

Perlu dicatat, fitur ini hanya berfungsi ketika pengguna mendengarkan pesan suara, namun masih di dalam aplikasi WhatsApp.

Ketika pengguna menutup aplikasi WhatsApp, pesan suara yang terputar di Global Voice Note Player akan otomatis terhenti. Ketika membuka aplikasi WhastApp lagi, barulah pengguna bisa melanjutkan mendengar voice note.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Indonesia Kini Bisa Cek Voice Note Sebelum Dikirim

Fitur ini dapat memudahkan pengguna ketika harus mendengarkan voice note dengan durasi yang panjang.

Sebab, selama ini, pengguna biasanya harus mendengarkan voice note hingga selesai di dalam ruang obrolan, sebelum bisa kembali ke halaman utama atau berkirim pesan dengan kontak lainnya.

Bila pengguna keluar ruang obrolan di tengah pemutaran voice note, maka pesan suara itu akan berhenti. Kemudian, pengguna harus membuka ruang obrolan kembali dan lanjut mendengarkan voice note yang sempat berhenti tadi.

Dengan fitur Global Voice Note Player, pengguna agaknya tak perlu terus-menerus berada di satu ruang obrolan yang sama hanya untuk mendengarkan voice note hingga rampung.

Namun, pengguna bisa tetap mendengarkan voice note berdurasi panjang, sambil membalas pesan lain yang masuk.

Baca juga: Pemutaran Voice Note WhatsApp Terlalu Cepat? Begini Cara Mengatasinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com