Kompas.com - 14/06/2022, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah ponsel yang dipasarkan di Indonesia kini dibekali dengan teknologi yang bisa "menambah" kapasitas RAM. Teknologi tersebut hadir dengan nama fitur yang berbeda-beda tiap vendor ponsel.

Samsung, misalnya, menyebut fitur ini dengan nama RAM Plus. Lalu ada Oppo yang menamai fitur tersebut sebagai Memory Expansion, dan Vivo dengan Extended RAM.

Meski namanya berbeda-beda, fungsi utama dari fitur ini sejatinya sama persis, yaitu untuk meringankan kinerja RAM dengan cara "meminjam" sedikit kapasitas media penyimpanan (storage) untuk dijadikan sebagai memori RAM.

Nantinya, jumlah storage yang "dipinjam" ini akan difungsikan menjadi RAM, sehingga total RAM di ponsel seakan bisa melebihi kapasitas aslinya, contohnya dari 8 GB menjadi 13 GB (tambahan 5 GB dari storage).

Baca juga: Terungkap, RAM iPhone SE 2022 Lebih Besar dari Versi 2020

Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja fitur Extended RAM dan sejenisnya ini? Apakah fitur tersebut benar-benar menambah besar RAM dan bisa meningkatkan performa ponsel?

Untuk mengetahui jawabannya, ada baiknya untuk mengetahui apa arti dan cara kerja RAM di sebuah smartphone.

RAM dan cara kerjanya

Ilustrasi RAM.Giffgaff Ilustrasi RAM.

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory, suatu komponen dalam perangkat elektronik, dalam hal ini smartphone yang fungsinya mirip dengan storage.

Hanya saja, RAM sejatinya memiliki kecepatan yang lebih "ngebut" dibading storage, sehingga komponen ini cocok untuk menjalankan, memproses, atau meluncurkan suatu aplikasi dengan cepat.

Sebelum disimpan di RAM, berbagai file sistem dan aplikasi yang ada di ponsel sendiri, termasuk file sistem operasi (OS), tersimpan di memori internal perangkat.

Ketika hendak dibutuhkan, file-file atau aplikasi tersebut lantas akan dimuat ke dalam RAM agar ponsel bisa menjalankannya dengan lancar.

Baca juga: Apa Itu RAM di Smartphone dan Fungsinya?

Nah, ketika file atau suatu aplikasi tidak dipakai lagi, maka RAM secara otomatis akan menghapusnya, supaya porsi RAM yang terpakai tadi, bisa digunakan kembali oleh aplikasi lain.

Seluruh informasi yang tersimpan dalam RAM juga biasanya akan hilang atau dihapus secara otomatis, apabila ponsel di-restart.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.