Kompas.com - 14/06/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka sama sekali. Saat persoalan ini muncul, Anda tidak bakal bisa masuk dan mengakses chat WhatsApp untuk berkirim dan menerima pesan.

Alih-alih mengakses chat, ketika WhatsApp tidak bisa dibuka, layar aplikasi hanya menampilkan warna putih dengan terdapat pesan bertuliskan “Tidak dapat memulai WhatsApp”. Untuk lebih jelasnya, silakan cek pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Arti 10 Istilah yang Kerap Dipakai di WhatsApp: SW, TC, PAP, dan Lainnya

Ilustrasi pesan Tidak dapat memulai WhatsApp yang muncul saat WhatsApp tidak bisa dibukaKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi pesan Tidak dapat memulai WhatsApp yang muncul saat WhatsApp tidak bisa dibuka

KompasTekno menjumpai pesan “Tidak dapat memulai WhatsApp” itu pada Senin (13/6/2022), sekitar pukul 12.07 WIB. Masalah WhatsApp tidak bisa dibuka itu muncul pada versi aplikasi WhatsApp 22.11.175 di iPhone berbasis iOS 15.5.

Sebelum pesan “Tidak dapat memulai WhatsApp” muncul, aplikasi WhatsApp masih bisa berjalan dengan normal. Setelah pesan itu muncul di layar, WhatsApp otomatis tidak bisa dibuka. Lantas, kenapa WhatsApp tidak bisa dibuka?

Kemungkinan besar penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka adalah terdapat bug pada sistem aplikasi. Bila terdapat bug, lalu bagaimana cara agar WhatsApp kembali normal, bisa dibuka dan digunakan untuk berkirim pesan?

Perlu diketahui, berjalannya bug di sistem aplikasi WhatsApp sangat mungkin berbeda pada tiap ponsel. Perbedaan tersebut menghasilkan solusi yang beragam. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka.

Cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka

1. Memuat ulang aplikasi

Langkah awal yang bisa dilakukan bila menjumpai pesan “Tidak dapat memulai WhatsApp” adalah dengan memuat ulang aplikasi WhatsApp. Caranya, tutup aplikasi WhatsApp secara penuh, lalu buka kembali.

2. Memulai ulang ponsel

Bila ternyata cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah WhatsApp tidak bisa dibuka, cobalah untuk memulai ulang ponsel. Saat pesan “Tidak dapat memulai WhatsApp” muncul, terdapat pula pesan yang menyarankan agar pengguna memulai ulang ponselnya.

Memulai ulang ponsel biasanya dilakukan untuk menyegarkan aplikasi dari bug, sehingga nanti bisa dibuka kembali dengan lancar. Cara memulai ulang ponsel bisa dilakukan dengan mematikan daya (power off), lalu menyalakan kembali.

Baca juga: Cara Mencadangkan dan Memulihkan Chat WhatsApp di HP Android

3. Menginstal ulang aplikasi

Ketiga, cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka dapat dilakukan dengan menginstal ulang aplikasi. Caranya, hapus aplikasi WhatsApp dari ponsel, lalu instal kembali dengan mengunduhnya dulu dari toko aplikasi App Store (iOS) atau Play Store (Android).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.