Kompas.com - 14/06/2022, 14:30 WIB

 

KOMPAS.com - Aneka mata uang kripto (cryptocurrency) seperti Bitcoin, Ethereum, Tether, dkk tengah dilanda penurunan harga drastis pekan ini.

Pantauan KompasTekno dari situs web yang biasa mencatat statistik cryptocurrency CoinMarketCap, Selasa (14/6/2022) pagi, harga Bitcoin tercatat di angka sekitar Rp 323 juta per keping, turun 15,82 persen selama 24 jam terakhir.

Harga mata uang kripto Ethereum juga ikutan turun 16,2 persen selama 24 jam terakhir ke angka Rp 17,1 juta per keping, begitu juga Tether yang turun 0,83 persen dan kini bernilai Rp 14.700 per keping.

Baca juga: Harga Bitcoin Anjlok 12 Persen, Terendah dalam 18 Bulan Terakhir

Menurut sejumlah laporan yang beredar di pasar kripto, penurunan harga cryptocurrency yang terjadi secara massal ini disebabkan oleh berbagai hal.

Salah satunya adalah perusahaan jasa peminjaman (lending) uang kripto, Celcius Network, yang menangguhkan seluruh aktivitas perdagangan cryptocurrency, termasuk penarikan, pertukaran, dan transer kripto di platfrom mereka.

Ilustrasi harga bitcoin, ethereum, tether, dkk di CoinMarketCap.CoinMarketCap Ilustrasi harga bitcoin, ethereum, tether, dkk di CoinMarketCap.

Menurut pihak Celcius Network, penutupan aktivitas perdagangan kripto ini terpaksa dilakukan, dan harus diterapkan sesegera mungkin karena kondisi pasar yang sedang "tidak baik-baik saja".

"Karena kondisi pasar yang ekstrim, hari ini kami mengumumkan bahwa Celsius menghentikan sementara semua penarikan, Swap, dan transfer antar akun," ujar Celcius Network dalam sebuah pengumuman.

"Kami mengambil tindakan ini untuk menempatkan Celsius pada posisi yang lebih baik," imbuh Celcius Network.

Baca juga: Harga Bitcoin hingga Terra Luna dkk Terus Merosot, Ini Penyebabnya

Penangguhan aktivitas kripto Celcius Network ini juga bersamaan dengan anjloknya harga token yang mereka terbitkan sendiri, yaitu Celcius (CEL) yang kini berkisar di angka Rp 4.100 per token, jika mengacu pada data CoinMarketCap.

Padahal sekitar Juni lalu, harga token CEL sempat menyentuh angka tertingginya di Rp 105.400 per token. Karena harga token CEL terus menurun, wajar saja apabila Celcius Network memilih untuk menghentikan operasinya untuk sementara waktu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.