Kompas.com - 14/06/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua kiriman media ke galeri ponsel, termasuk file yang berupa video. Dengan menyimpan video dari WhatsApp ke galeri ponsel, pengguna bisa membukanya kapan saja.

Namun, pada kondisi tertentu, mungkin beberapa pengguna bakal menjumpai persoalan kiriman video di WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri ponsel. Lantas, bagaimana cara mengatasi video WhatsApp tidak tersimpan di galeri ponsel?

Baca juga: Cara Gabung Dua Emoji Jadi Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebelum mengetahui solusinya, penting untuk memahami dulu penyebab kenapa video yang dikirim dari WhatsApp tidak tersimpan. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi video WhatsApp tidak tersimpan di galeri ponsel, serta penyebabnya.

Cara mengatasi video WhatsApp tidak tersimpan di galeri

1. Mengaktifkan fitur Auto Save

Fitur Auto Save WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengunduh otomatis kiriman video dari semua ruang obrolan. Bila fitur ini dinonaktifkan maka video tidak bisa terunduh secara otomatis dan tersimpan ke galeri ponsel nantinya.

Oleh karena itu, cara mengatasi video WhatsApp tidak tersimpan di galeri ponsel yang pertama adalah dengan memastikan bahwa fitur Auto Save telah aktif. Caranya, silakan klik menu “Setting” pada aplikasi WhatsApp.

Setelah itu, klik opsi “Penyimpanan dan Data”. Kemudian, pastikan pengaturan pengunduhan video di kolom “Unduh Otomatis Media” telah menggunakan opsi “WiFi” atau “WiFi dan Seluler”.

2. Mengaktifkan fitur penyimpanan video ke galeri ponsel

Video yang terunduh secara otomatis tersebut tidak bakal langsung disimpan ke galeri ponsel. Anda perlu mengaktifkan fitur penyimpanan video WhatsApp ke galeri ponsel terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan fitur itu, caranya klik menu “Settings” pada aplikasi WhatsApp. Kemudian, pilih opsi “Chat” dan aktifkan opsi bernama “Simpan ke Rol Kamera” (iOS) atau “Media Visibility” (Android).

Lewat opsi itu, semua video yang terunduh bakal otomatis tersimpan ke galeri ponsel. Bila opsi ini dinonaktifkan maka video yang terunduh dari ruang obrolan hanya akan tersimpan di aplikasi WhatsApp, tidak ke galeri ponsel.

3. Memastikan ketersediaan ruang kosong di memori penyimpanan ponsel

Penyebab video yang dikirim di WhatsApp tidak tersimpan di galeri bisa timbul juga karena memori penyimpanan ponsel sudah penuh. Saat memori penyimpanan penuh, sistem ponsel bakal otomatis menolak penyimpanan video dari WhatsApp.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.