Komputer Apple-1 Masih Berfungsi Normal, Terjual Rp 5 Miliar

Kompas.com - 14/06/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Komputer Apple pertama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Apple-1 dilelang selama 10 hari di eBay, dan resmi terjual seharga 340.100 dollar AS (setara Rp 5 miliar), Selasa (14/7/2022) lalu.

Komputer Apple pertama ini dijual tanpa casing, power supply (pencatu daya), keyboard, ataupun monitor, sehingga membuat produk tersebut seperti versi mini dari komputer Apple.

Meski demikian, masih belum ada informasi lanjutan terkait identitas dari pemenang lelang untuk produk Apple-1 bernomor seri #89 itu.

Dilansir KompasTekno dari Apple Insider, produk ini laku dilelang dengan harga yang tinggi, karena terdapat tanda tangan salah satu pendiri Apple, yakni Steve Wozniak.

Baca juga: Komputer Pertama Apple yang Masih Berfungsi Dilelang, Laku Rp 5,7 Miliar

Tidak hanya itu, kondisi fisik dari komputer Apple-1 dengan nomor seri #89 ini masih berfungsi dengan baik, sehingga menjadi nilai tambahan.

Hal ini dikarenakan pembeli Apple-1 sebelumnya, yaitu Jimmy Grewal, seorang pendiri museum The APPL Collection, telah melakukan pemulihan dan pembaruan komponen komputer dari Apple-1.

Hampir seluruh komponen masih dalam keadaan asli seperti yang diproduksi pada 1976. Papan yang digunakan juga merupakan papan dari Apple-1 NTI yang asli.

Lalu, empat IC (prosesor) yang digunakan berasal dari Texas Instruments yang sudah digunakan sejak 1977.

“Saya mulai mengoleksi barang-barang antik dari Apple sejak 1995, saat masih menjadi mahasiswa di Universitas Duke,” jelas Jimmy.

Akan tetapi, Jimmy kembali menambahkan bahwa minatnya dalam mengoleksi barang antik keluaran Apple sudah dimulai 40 tahun lalu, ketika orang tuanya membeli komputer pertama keluaran Apple.

Baca juga: Meme Ikonik Bad Luck Brian Dilelang, Laku Rp 520 Juta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.