Kompas.com - 15/06/2022, 08:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - WhatsApp telah menghadirkan fitur untuk memindahkan atau mentransfer riwayat percakapan (chat history) dan data WhatsApp lainnya dari perangkat iPhone ke Android sejak tahun lalu.

Kini, giliran perangkat Android yang kebagian fitur sebaliknya. Pengguna Android bisa memindahkan chat history, foto, hingga video WhatsApp ke perangkat iPhone dengan lebih mudah.

CEO Meta Platforms, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa fitur ini merupakan fitur yang paling dinanti pengguna WhatsApp, terutama mereka yang ingih beralih dari ponsel Android ke iPhone.

Baca juga: Fitur Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android Resmi, Samsung Kebagian Pertama

"Kami sedang menggelontorkan fitur WhatsApp yang memungkinkan pengguna Android memindahkan chat history, foto, video, dan pesan suara (voice message) WhatsApp mereka ke perangkat iPhone secara aman," ujar Zuckerberg dalam sebuah pengumuman.

"Fitur transfer data dari iPhone ke Android sebenarnya sudah meluncur tahun lalu, dan kini kami menambahkan fitur transfer data dari Android ke iPhone," imbuh Zuckerberg.

Transfer data WhatsApp via aplikasi Move to iOS

Nantinya, alih-alih melalui WhatsApp secara langsung, proses pemindahan data WhatsApp dari Android ke iPhone sendiri bakal mengandalkan aplikasi bernama Move to iOS yang bisa diunduh dari toko aplikasi Google Play Store.

Ilustrasi fitur pemindahan data WhatsApp dari Android ke iPhone.Apple Ilustrasi fitur pemindahan data WhatsApp dari Android ke iPhone.

Aplikasi Move to iOS sebenarnya sudah diluncurkan sejak beberapa waktu lalu. Namun, aplikasi tersebut sebelumnya hanya mengizinkan pengguna memindahkan data-data penting, seperti nomor telepon, kalender, SMS, dan lain sebagainya dari ponsel Android ke iPhone.

Nah lewat Move to iOS, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di dalam aplikasi, serta mencentang opsi "WhatsApp" dari ponsel Android yang data WhatsApp-nya ingin dipindahkan.

Baca juga: Update Fitur Pesan Sementara WhatsApp Disebar ke Seluruh Pengguna, Ada Dua Opsi Durasi Baru

Perlu dicatat, pemindahan data-data WhatsApp Android ke iPhone ini hanya bisa dilakukan di iPhone dalam kondisi baru atau iPhone yang sudah di-factory reset.

Artinya, jika pengguna WhatsApp di Android yang ingin beralih ke iPhone, harus mulai memindahkan data mereka sejak iPhone pertama kali dinyalakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.