Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Mobil Geely Resmi Akuisisi Vendor Smartphone Meizu

Kompas.com - 15/06/2022, 09:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan mobil asal China, Zhejiang Geely Holding (Geely) mengakuisisi 79 persen saham vendor smartphone asal China, Meizu. Informasi tersebut dipublikasikan oleh badan anti-monopoli China, State Adiministration of Market Regulation.

Lembaga tersebut mengumumkan bahwa Hubei Xingji Times Technology atau Xingji Times mengajukan akuisisi terhadap Zhuhai Meizu Technology atau dikenal sebagai Meizu. Namun, tidak diungkap berapa nilai akuisisi yang disepakati.

Kabar ini sekaligus menjawab isu Geely yang dirumorkan berencana mengakuisisi Meizu sejak Januari lalu.

Baca juga: Produsen Mobil Geely Akuisisi Vendor Ponsel Meizu?

Bagi yang belum familiar, Xingji Times merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2021 dengan modal terdaftar senilai 715 juta yuan (sekitar Rp 1,5 triliun, kurs Rp 2.100). Namun perusahaan belum memulai operasional bisnisnya.

Geely Group memiliki saham sebesar 32 persen di Xingji Times dan menjadi pemegang saham terbesar. Oleh karena itu, Geely memiliki peranan besar dalam hal akuisisi yang akan dilakukan Xingji Times.

Adapun Meizu saat ini dikendalikan oleh Huang Xiuzhang dan Taobao China Software Company yang masing-masing memiliki saham sebesar 49,08 persen dan 27,23 persen.

Terkait akuisisi, Xingji Times yang mewakili Geely menandatangani perjanjian dengan Meizu dan Huang Xiuzhang untuk mengakuisisi 79,09 persen saham Meizu Technology.

Baca juga: Menjajal Smartphone Meizu 16 di China

Baik Xingji Times maupun Meizu berkata bahwa kedua perusahaan telah menandatangani perjanjian investasi strategis. Namun kesepakatannya masih ditinjau oleh regulator terkait dan rincian lainnya masih dalam tahap negosiasi.

Jika kesepakatan perusahaan berhasil dicapai, maka kepemilikan saham Huang Xiuzhang di Meizu berkurang menjadi 9,79 persen. Sementara Taobao China Software Company akan melepaskan semua sahamnya kepada Geely.

Nasib Meizu selanjutnya

Kiprah Meizu di pasar smartphone memang tidak begitu bersinar sebagaimana merek smartphone China lainnya, utamanya dalam beberapa tahun terakhir.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2003 dan pernah menjadi smartphone yang paling populer di China, namun kalah saing dengan merek lainnya seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo dalam beberapa tahun terakhir.

Dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (15/6/2022), Meizu juga pernah berkolaborasi dengan Sony dalam menghadirkan aplikasi Flyme ke smartphone Xperia. Sayangnya upaya tersebut tidak membantu menggenjot bisnis perusahaan.

Baca juga: Resmi, Ponsel Meizu 16 dan 16 Plus Punya Pemindai Sidik Jari di Layar

Seperti disebutkan sebelumnya, Geely merupakan perusahaan produsen mobil yang memiliki sumber daya yang dinilai dapat mendukung bisnis Meizu.

Praktik ini sudah dijalankan misalnya pada mobil Zeekr 001 besutan Geely yang dilengkapi sistem infotainment Flyme for Car bikinan Meizu.

Belum diketahui bagaimana bisnis smartphone Meizu ke depannya setelah resmi diakuisisi Geely. Namun menurut memo internal yang diperoleh Reuters, Xingji Times ditargetkan menjual smartphone pertamanya pada tahun 2023 dan menjual 3 juta unit pada tahun pertamanya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com