Kompas.com - 15/06/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Pabrikan mobil asal China, Zhejiang Geely Holding (Geely) mengakuisisi 79 persen saham vendor smartphone asal China, Meizu. Informasi tersebut dipublikasikan oleh badan anti-monopoli China, State Adiministration of Market Regulation.

Lembaga tersebut mengumumkan bahwa Hubei Xingji Times Technology atau Xingji Times mengajukan akuisisi terhadap Zhuhai Meizu Technology atau dikenal sebagai Meizu. Namun, tidak diungkap berapa nilai akuisisi yang disepakati.

Kabar ini sekaligus menjawab isu Geely yang dirumorkan berencana mengakuisisi Meizu sejak Januari lalu.

Baca juga: Produsen Mobil Geely Akuisisi Vendor Ponsel Meizu?

Bagi yang belum familiar, Xingji Times merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2021 dengan modal terdaftar senilai 715 juta yuan (sekitar Rp 1,5 triliun, kurs Rp 2.100). Namun perusahaan belum memulai operasional bisnisnya.

Geely Group memiliki saham sebesar 32 persen di Xingji Times dan menjadi pemegang saham terbesar. Oleh karena itu, Geely memiliki peranan besar dalam hal akuisisi yang akan dilakukan Xingji Times.

Adapun Meizu saat ini dikendalikan oleh Huang Xiuzhang dan Taobao China Software Company yang masing-masing memiliki saham sebesar 49,08 persen dan 27,23 persen.

Terkait akuisisi, Xingji Times yang mewakili Geely menandatangani perjanjian dengan Meizu dan Huang Xiuzhang untuk mengakuisisi 79,09 persen saham Meizu Technology.

Baca juga: Menjajal Smartphone Meizu 16 di China

Baik Xingji Times maupun Meizu berkata bahwa kedua perusahaan telah menandatangani perjanjian investasi strategis. Namun kesepakatannya masih ditinjau oleh regulator terkait dan rincian lainnya masih dalam tahap negosiasi.

Jika kesepakatan perusahaan berhasil dicapai, maka kepemilikan saham Huang Xiuzhang di Meizu berkurang menjadi 9,79 persen. Sementara Taobao China Software Company akan melepaskan semua sahamnya kepada Geely.

Nasib Meizu selanjutnya

Kiprah Meizu di pasar smartphone memang tidak begitu bersinar sebagaimana merek smartphone China lainnya, utamanya dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.