Kompas.com - 15/06/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Ngecas atau mengisi daya pada handphone (HP) mungkin telah menjadi kebiasaan yang jamak dilakukan saat ini. Saking jamaknya, barangkali bakal menjadi hal yang aneh apabila terdapat pengguna yang tidak memahami proses untuk mengisi daya pada HP.

Daya pada HP pada dasarnya bakal habis seiring waktu pemakaian. Dengan demikian, Cas HP diperlukan agar daya pada baterainya kembali terisi. Sehingga, HP nantinya bisa dioperasikan lagi untuk beraktivitas sehari-hari.

Baca juga: Kenapa Baterai HP Tidak Mengisi Saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

Supaya proses cas HP bisa berjalan, pengguna setidaknya membutuhkan tiga hal dasar, yakni charger (alat pengisi daya), sumber daya listrik, dan stopkontak (wadah penghubung charger dengan sumber daya listrik).

Secara sederhana, untuk mengisi daya pada baterai, HP perlu dihubungkan ke charger. Kemudian, charger itu dicolokkan atau disambungkan ke stopkontak yang terdapat sumber daya listrik.

Bila rangkain tersebut berjalan maka baterai HP bakal terisi dayanya. Pengguna tinggal menunggu hingga daya baterai terisi penuh dan HP siap untuk digunakan lagi. Cukup sederhana bukan proses cas HP?

Kendati sesederhana itu, dalam beberapa kasus tertentu mungkin pengisian daya bisa mengurangi kesehatan baterai HP. Perlu diketahui, kesehatan baterai adalah durasi pemakaian baterai sebelum perlu diisi daya atau kemampuan dalam menyimpan daya.

Dari gambaran rangkaian di atas, setidaknya dapat ditemukan dua pola kebiasaan pengguna dalam mengisi daya pada baterai HP. Kebiasaan pertama adalah pengisian daya dilakukan dengan menghubungkan charger ke HP dulu, lalu dicolok ke stopkontak.

Kedua, pengisian daya dilakukan dengan menghubungkan charger ke stopkontak dulu, lalu dicolok ke HP. Dari dua kebiasaan pengisian daya itu, antara ngecas dengan mencolok ke stopkontak atau HP dulu, salah satunya bisa menyebabkan kesehatan baterai menurun.

Lantas, bagaimana cara cas HP yang benar? mana yang lebih baik antara ngecas dengan mencolok ke stopkontak atau HP dulu? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Benarkah iPhone Sebaiknya Dicas Tak Lebih dari 80 Persen?

Cara ngecas HP yang benar

Sebagian dari Anda mungkin pernah menjumpai percikan api yang muncul dari stopkontak, saat menyambungkan charger untuk mengisi daya HP. Percikan api tersebut terjadi akibat terdapat lonjakan tegangan listrik dalam waktu yang singkat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.