Kompas.com - 15/06/2022, 11:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Aplikasi WhatsApp tampil dengan antarmuka yang cukup sederhana. Ketika aplikasi dibuka, pengguna akan mendapati daftar percakapan dengan pengguna lainnya, beserta foto profil dan cuplikan percakapan terakhir.

Menariknya terkadang muncul ikon atau logo sebuah jam di salah satu profil pengguna. Ikon tersebut terlihat tepat di bawah foto profil dengan warna. Lantas apa arti ikon jam tersebut?

Logo itu ternyata merupakan tanda bahwa pengguna tersebut tengah menyalakan fitur Disappearing Messages.

Fitur tersebut dapat menghapus pesan secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini disediakan WhatsApp sejak akhir tahun 2020. Jadi, pengguna personal maupun grup yang memasang fitur itu akan ditandai dengan ikon jam.

Artinya, jika kita mengirim pesan atau chat pada pengguna tersebut, percapakan yang kita lakukan akan dapat terhapus secara otomatis.

Baca juga: Update Fitur Pesan Sementara WhatsApp Disebar ke Seluruh Pengguna, Ada Dua Opsi Durasi Baru

Selain itu, pada tampilan percakapan juga akan terlihat keterangan bahwa "Pengguna mengaktifkan hapus pesan. Semua pesan dihapus setelah dikirim 24 jam".

Artinya, pengguna tersebut menentukan batas waktu 24 jam agar percakapan bisa terhapus secara otomatis.

Batas waktu 24 jam hingga 3 bulan

Fitur hapus pesan otomatis ini harus diatur manual oleh setiap pengguna atau di grup tertentu oleh admin.

Sejak akhir tahun 2021, pengguna bisa memasang fitur hapus pesan otomatis ini ke semua pengguna dalam daftar kontaknya. Durasi yang disediakan juga hanya 7 hari. Jadi, pesan sementara akan dihapus otomatis setelah tayang sepekan.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Video WhatsApp Tidak Bisa Tersimpan di Galeri Ponsel

Kini, durasi tayang pesan dibuat WhatsApp semakin variatif, mulai dari 24 jam hingga 90 hari atau tiga bulan. Lebih dari waktu tersebut, pesan akan terhapus otomatis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.