Kompas.com - 15/06/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Microsoft bakal menutup peramban (browser) internet ikonik mereka yang bernama Internet Explorer pada hari ini, 15 Juni 2022.

Artinya, browser yang diperkenalkan pada 17 Agustus 1995 dengan nama "Micrososft Internet Explorer" tersebut tak akan lagi mendapatkan fitur baru atau pembaruan (update) keamanan mulai hari ini hingga seterusnya.

Meski demikian, Microsoft sudah menyiapkan pengganti peramban internet yang biasa disingkat dengan "IE" itu.

Baca juga: Setelah 27 Tahun, Browser Internet Explorer Resmi Disetop Hari Ini

Pengganti Internet Explorer adalah Microsoft Edge, browser internet yang diluncurkan pada 2020 lalu, yang juga merupakan peramban internet bawaan di sistem operasi (OS) Windows 10.

Penutupan Internet Explorer, yang kini sudah mencapai versi 11, dan imbauan untuk beralih ke Microsoft Edge, sudah disampaikan perusahaan rintisan Bill Gates itu dalam sebuah blog resmi.

Menurut mereka, kendati IE sudah tiada, "tampilan" browser internet lawas tersebut masih bisa dijajal di browser Microsoft Edge melalui mode "Internet Explorer".

Selain itu, Microsoft Edge, yang juga memiliki mode dan fungsi-fungsi yang ada di Internet Explorer, juga disebut lebih mumpuni lantaran bisa mengatasi sejumlah masalah yang dimiliki IE, salah satunya adalah keamanan.

"Dengan keamanan, privasi, kecepatan, dan kemudahan penggunaan yang ditingkatkan, Microsoft Edge kami pastikan dapat melampaui pengalaman yang Anda dapatkan di Internet Explorer," tulis Microsoft, dikuti KompasTekno dari Microsoft.com, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Browser Microsoft Edge Bakal Pakai Mesin Serupa Chrome

"Saat Anda beralih ke Microsoft Edge, kami juga akan secara otomatis mengimpor daftar situs web favorit, preferensi, dan data penjelajahan Anda lainnya dari Internet Explorer," imbuh pihak Microsoft.

Diklaim lebih mumpuni dari Google Chrome

Ilustrasi Microsoft EdgeWindowsCentral Ilustrasi Microsoft Edge

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Microsoft
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.