Kompas.com - 15/06/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Fitur baru Avatar TikTok tampaknya telah mulai bisa dipakai oleh pengguna di tanah air. Secara pengoperasian, fitur tersebut hampir mirip  dengan Avatar Instagram atau Bitmoji Snapchat.

Lewat Avatar TikTok, pengguna juga bisa membuat karakter animasi 3D yang merepresentasikan dirinya. Kendati hampir mirip dengan fitur serupa di platform lain, Avatar TikTok memiliki sejumlah perbedaan.

Baca juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark di HP Android dan iPhone

Misalnya, karakter animasi yang dibuat lewat Avatar TikTok masih terbatas pada bagian wajah saja, berbeda dengan modifikiasi Avatar di Instagram yang dapat pula melibatkan bagian tubuh.

Selain itu, perbedaan juga terletak pada kemampuan karakter animasi untuk merespons gerakan pengguna. Pada Avatar TikTok, karakter animasi yang dibuat bisa mengikuti gerakan wajah pengguna, seperti tersenyum, menggeleng, mencium, dan sebagainya.

Gerakan dari karakter animasi itu dimungkinkan karena TikTok meluncurkan fitur Avatar dalam bentuk filter video. Saat filter Avatar TikTok dipakai, kamera bakal mendeteksi wajah pengguna dan mengubahnya menjadi karakter animasi.

Selanjutnya, karakter animasi itu bakal mengikuti gerakan wajah pengguna saat pembuatan video berlangsung. Kemampuan untuk merespons gerakan pengguna inilah yang belum dimiliki Avatar Instagram atau Bitmoji Snapchat.

Untuk saat ini, terdapat cukup banyak pengguna yang membuat video TikTok menggunakan filter Avatar. Salah satunya bisa dilihat lewat unggahan akun dengan handle @Jerrypiko, sebagaimana tertera pada cuplikan video di bawah ini.

@jerrypiko Wah! Semakin canggih #TikTokavatars ? suara asli - Jerry & Kevin ????????

Dari keterangan yang terdapat di aplikasi TikTok, hingga tulisan ini dibuat, tercatat sudah terdapat lebih dari 120.000 unggahan video yang menggunakan filter Avatar.

Bila ingin turut membuat video seperti di atas, pengguna perlu terlebih dahulu menambah filter Avatar TikTok, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara menambah filter Avatar TikTok

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Klik ikon tambah yang berada di bagian tengah sisi bawah layar aplikasi.
  • Bila kamera aplikasi TikTok telah terbuka, klik opsi “Effects” yang berada di samping .tombol perekaman video.
  • Di opsi tersebut, klik ikon kaca pembesar untuk mencari filter Avatar TikTok.
  • Setelah menemukannya, klik ikon filter Avatar Tiktok untuk mulai digunakan membuat video.

Ilustrasi cara menambah filter Avatar TikTokKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambah filter Avatar TikTok

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.